Pengaruh Efikasi Diri Guru Dan Supervisi Pengajaran Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMP Negeri Di Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur

Ramadhan, Rahmat (2017) Pengaruh Efikasi Diri Guru Dan Supervisi Pengajaran Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMP Negeri Di Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43517.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kinerja guru diharapkan mampu memberikan kontribusi yang maksimal dalam proses pendidikan di sekolah. Hasil observasi di SMPN di kecamatan Nasal Kabupaten Kaur terdapat permasalahan bahwa masih terdapat guru yang memiliki sikap kaku dan tidak suka humor pada saat mengajar. Guru belum dapat menciptakan interaksi yang menyenangkan dengan siswa di kelas sehingga siswa akan merasa bosan dan jenuh yang berakibat pada turunnya semangat siswa untuk belajar. Penurunan semangat ini dapat berakibat pada rendahnya penguasaan materi oleh siswa dan dapat berimbas pada turunnya prestasi yang akan dicapai oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh efikasi diri guru dan supervisi pengajaran kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru SMPN di Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur. Desain penelitian merupakan penelitian survei dengan pendekatan explanatory research, dengan variabel terikat adalah efikasi diri guru dan supervisi pengajaran kepala sekolah dan variabel bebas adalah kinerja mengajar guru. Populasi adalah seluruh guru SMP Negeri yang ada di wilayah Kecamatan Nasal berjumlah 67 orang. Semua populasi merupakan sampel dan responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan berbentuk. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi linier berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja mengajar guru SMP di Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur. Artinya, semakin baik kepemimpinan maka motivasi kerja akan semakin tinggi. Supervisi pengajaran kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja mengajar guru SMP di Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur. Artinya semakin tinggi supervisi pengajaran kepala sekolah maka semakin tinggi kinerja mengajar guru. Efikasi diri dan supervisi pengajaran kepala sekolah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja mengajar guru SMP di Kecamatan Nasal Kabupaten.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43517.pdf
Uncontrolled Keywords: Efikasi, supervisi, kinerja guru, Efficacy, Supervision, Performance.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 28 May 2019 01:58
Last Modified: 28 May 2019 01:58
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8499

Actions (login required)

View Item View Item