Kusmaladewi, (2014) Aktifitas Pengembangan Seluruh Potensi Anak Usia Dini di TK Harinda Daya Kecamatan Biringkanaya Makassar. Ikhtiyar: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Secara Aktual, 12 (4). pp. 48-59. ISSN 1412 – 8535
|
Text
L0018-19.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Adapun tujuan pendidikan anak usia dini adalah untuk membantu mengembangkan berbagai potensi baik psihis maupun pisik yang meliputi moral, nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik atau motorik, kemandirian dan seni untuk memasuki pendidikan dasar. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 27 tahun 1990 tentang pendidikan pra sekolah dikaitkan dengan undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional memiliki fungsi dan tujuan yaitu dapat dikategorikan dalam tiga ranah yaitu (1) Ranah kognitif mencakup kecakapan dari berilmu (2) Ranah afektif mencakup berakhlak mulia, sehat, beriman, dan bertagwa, mandiri dari demokratis (3) Ranah psikomotorik mencakup kreatif, dan keterampilan.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information (ID): | L0018-19.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan dan potensi |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah) |
Divisions: | Koleksi Digital > Artikel |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 04:12 |
Last Modified: | 13 Jun 2019 04:12 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8540 |
Actions (login required)
View Item |