Analisis Mutu Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) Ditinjau Dari Penerapan Kaidah Penulisan Karya Ilmiah Pada Jurusan Pendidikan Dasar Universitas Terbuka

Widuroyekti, Barokah (2015) Analisis Mutu Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) Ditinjau Dari Penerapan Kaidah Penulisan Karya Ilmiah Pada Jurusan Pendidikan Dasar Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Dharma Bakti Pendidikan, 3 (1). pp. 14-25. ISSN 2087-9946

[img]
Preview
Text
19-L0031.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (196kB) | Preview

Abstract

Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) merupakan bentuk karya ilmiah, yang disusun oleh mahasiswa semester IX Program Studi PGPAUD dan semester X Program Studi PGSD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan kaidah kebahasaan dan penerapan kaidah penulisan dalam Laporan PKP, serta kelebihan dan kelemahannya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Sasaran atau objek penelitian adalah dokumen Laporan PKP mahasiswa jurusan Pendas, terdiri atas Laporan PKP PGSD dan Laporan PKP PGPAUD. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah berikut: (1) pemilahan data, (2) pengurangan (reduksi) data, (3) analisis. Kegiatan analisis dilakukan dengan menggunakan format pedoman analisis data. Temuan penelitian tentang penerapan kaidah kebahasaan meliputi: pilihan kata, penggunaan kalimat efektif, pengembangan paragraf, dan penggunaan bahasa baku. Temuan penelitian berupa kesalahan penerapan kaidah kebahasaan yang paling banyak dilakukan adalah dalam penyusunan kalimat efektif, sedangkan paling sedikit pada penggunaan bahasa baku. Temuan penelitian tentang kaidah penulisan meliputi: penggunaan ejaan dan tanda baca, teknik pengutipan, penulisan daftar pustaka, dan sistematika penulisan. Temuan penelitian berupa kesalahan penulisan paling banyak adalah pada penggunaan ejaan dan tanda baca, sedangkan paling sedikit kesalahan pada teknik pengutipan dan sistematika penulisan. Dari hasil penelitian tersebut diajukan rekomendasi untuk sosialisasi secara intensif tentang kaidah kebahasaan dan penulisan kepada mahasiswa dan tutor matakuliah PKP.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 19/L0031
Uncontrolled Keywords: analisis, penerapan kaidah, penulisan karya ilmiah
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: David NP
Date Deposited: 21 Jun 2019 03:14
Last Modified: 21 Jun 2019 07:52
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8555

Actions (login required)

View Item View Item