Implikasi New Marketing terhadap Strategi Pemasaran Universitas Terbuka

Mashithoh, Heriyanni and Muzammil, Moh. (2012) Implikasi New Marketing terhadap Strategi Pemasaran Universitas Terbuka. In: Prosiding seminar nasional manajemen bisnis di Indonesia, 1 November 2012, Auditorium Komaluddin FE Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
L0066-19.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Sejak pakar teknologi internet Tim O'Relly memperkenalkan Web 2.0 ,tidak lama kemudian kita menyaksikan munculnya web-based technologies yang lebih interaktif. Web 2.0 memungkinkan si pemakai berkomunikasi dan berinteraksi sama lain melalui 'perangkat web' seperti friendster, blog, facebook,youlube, twiller dan sebagainya. Melalui 'perangkat web' tersebut, secara tidak langsung kini konsumen ikut berpartisipasi dalam "memasarkan" suatu produk dengan mengambil peran dalam arus konektivitas dengan konsumen lainnya. Secara suka rela mereka mempromosikan dan merekomendasikan suatu produk kepada prospek atau pelanggan lain. Pada hakekatnya, para konsumen ini telah mengambil peran sebagai 'wiraniaga sejati' bagi institusi. Berdasarkan fenomena tersebut kini telah terjadi pergeseran pendekatan pemasaran, yakni bergeser dari vertical menuju horizontal, bergeser dari producer to consumer menuju costumer to customer (C2C), berges r dari one to many menuju many to many. Paper ini membahas implikasi yang akan dihadapi UT di masa mendatang dimana mayoritas mahasiswanya sudah menguasai internet. Untuk itu UT telah mengantipasi dengan mengembangkan berbagai program yang berbasis IT dalam rangka menuju operalional excellence. Seperti telah dikatakan oleh Michael Treacy dan Fred Wiersema, untuk bertahan terus menjadi pemimpin pasar, suatu perusahaan harus menganut tiga disiplin nilai, yakni pertama, operalional excellence, kedua, producl leadership dan ketiga, customer intimacy. Masing-masing disiplin menghasilkan nilai pelanggan yang berlainan pula, oleh karena itu UT harus memilih salah satu dari disiplin tersebut yang sesuai dengan karakteristik pelanggannya. Lebih lanjut, paper ini akan membahas salah satu disiplin nilai yang hendak dipilih UT. yaitu operational excellence dengan alasan disiplin nilai ini mampu memberikan customer value yang tinggi, baik untuk saat ini maupun di masa mendatang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): L0066-19.pdf
Uncontrolled Keywords: Web 2.0, forum komunitas pelanggan, horizontal,many to many, efek eksponensial, operational excellence, product leadership, coustumer intimacy
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.83 Market Research, Market Analysis (Riset Penelitian Pemasaran, Analisis Pemasaran)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel Pendidikan Terbuka Jarak Jauh
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:54
Last Modified: 16 Aug 2019 09:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8618

Actions (login required)

View Item View Item