Implikasi Pendidikan dan Pelatihan pada Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di SMPN 4 Panca Rijang

B., M. Jafar (2012) Implikasi Pendidikan dan Pelatihan pada Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di SMPN 4 Panca Rijang. Ikhyar, 10 (4). pp. 83-88. ISSN 1412-8535

[img]
Preview
Text
L0072-19.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) implikasi pendidikan dan pelatihan pada kemampuan guru bahasa Indonesia yang berkaitan dengan aspek kualitas sumber daya manusia dan profesionalisme guru bahasa Indonesia. 2) peningkatan pendidikan dan pelatihan dengan profesionalisme guru bahasa Indonsia di SMP Negeri 4 Panca Rijang. Sampel penelitian adalah guru-guru di SMP Negeri 4 Panca Rijang. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu pendidikan dan pelatihan sebagai variabel bebas (X) dan profesionalisme guru bahasa Indonesia sebagai variabel terikat (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pendidikan dan pelatihan guru bahasa Indonesia pada SMP Negeri 4 Panca Rijang berada pada kategori cukup (X — 79,872) dan profesionalisme guru masih dalam peringkat cukup (Y — 77,87”6). Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan hubungan kedua variabel cukup linear, sehingga yang terjadi adalah hubungan positif

Item Type: Article
Additional Information (ID): L0072-19.pdf
Uncontrolled Keywords: Implikasi, Pendidikan, Pelatihan dan Guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Sep 2019 07:41
Last Modified: 03 Sep 2019 07:41
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8634

Actions (login required)

View Item View Item