Maryana, (2019) Hubungan Antara Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Guru Di Kecamatan Labuhan Maringgal Kabupaten Lampung Timur. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43806.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan yang positif antara rnotivasi kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah dengan Organiziational Citizenship Behavior (OCB) guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Labuhan. JeniS penelitian ini kuantitatif dengan metode expost facto. Sampel menggunakan rumus Slovin sebanyak 92 dari 124 guru di SD Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur. Data diiperoleh melalui angket, teknik analisis yang digunakan yaitu analisis korelasl dan regresi. Hasil peneliti,an adalah : (1) Hubungan Motivasi Kerja dengan Organiziational Citizenship Behavior (OCB), diperoteh koefisien korelasi (r) = 0,623 dan koefisien determinasi (r2) = 0,601. Hal ini berarti ada.hμbungan yang kuat antara motivasi kerja dengan Organiziational Citizenship Behavior (OCB). sebesar 60,1%. (2) Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah derlgan Or'ganizaiiohal Citizenship Behavior/OCB, diperoleh koefisien korelasi (r) = 0,648 dan koefisien determinasi (r2) = 0,602. Hal ini berarti ada hubungan yang kuat antara kepemimpinan kepala sekolah dengan Organizational Citizenship Behavior/DCB sebesar 60,2%. 3) Hubungan Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Organizational Citizenship Behavior/DCB, diperoleh korelasi ganda (r) = 0,652 dan koefisien determinasi (r2) = 0,603. Hal ini berarti.ada hubungan yang kuat antara rnotivasi kerja dan kepemirnpinan kepala sekolah secara simultan dengan Organiziational Citizenship Behavior (OCB) sebesar 60,3%. Kesimpulan penelitian: Terdapat hubungan yang positif antara Motivasi kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah secara bersarna-sarna dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) mengandung arti bahwa semakin tinggi tingkat motivasi kerja guru dan persepsi guru mengenai Kepemimpinan Kepala. Sekolah, maka semakin baik pula Organizational Citizenship Behaviornya. Saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini adalah (l) Guru hendaknya dapat meningkatkan serta menciptakan kinerja guru yang baik. (2) Kepala sekolah hendaknya melakukan peningkatan kualitas kepemimpinan kepala sekolah yang dapat memberikan pengaruh terhadap hawahanya serta diciptakannya suasana kerja yang kondusif.
Actions (login required)
View Item |