Perbandingan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Quantum Learning dan Cooprative Learning Ditinjau dari Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Heriyono, Eris (2019) Perbandingan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Quantum Learning dan Cooprative Learning Ditinjau dari Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43753.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Pennasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Quantum Learning dan Cooperative Learning Ditinjau Dari Berpikir Kreatif Maternatis Siswa". Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan prestasi belajar matematika siswa. Sementara pembelajaran matematika yang menggunakan model quantum learning dan cooperative learning, siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis (KBKM) (tinggi ,sedang dan rendah) dengan model quantum learning apakah mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan model cooperative learning serta adakah pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif matematis (KBKM) terhadap prestasi belajar rnatematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasinya adalah siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Pabuaran yang berjumlah 278 siswa yang terbagi menjadi 8 kelas yaitu kelas IXA, IXB, IXC, IXD, IXE, IXF, IXG dan lXH. Pengambangan sampel dalam perbandingan menggunakan teknik cluster random sampling, suatu teknik penetapan sampel dengan pengundian secara acak tanpa ada yang diistimewakan. Karena sampel berada dalam suatu kelompok (cluster ) dan setiap kelotnpok memiliki kesempatan yang sama untuk diambil sebagai sampel . Dalam penelitian ini yang akan diundi adalah kelasnya, bukan siswanya. Dari 8 kelas yang ada akan diambil 3 kelas saja, dimana 2 kelas sebagai sampel penelitian dan I kelas sebagai kelas uji coba Hasil pengundian didapat kelas IX.F sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.D sebagai kelas kontrol sedangkan kelas IX.E sebagai kelas uji coba. Penelitian untuk kelas IX F mendapatkan model quantum learning dan untulc kelas IX D mendapatkan model cooperative learning. Berdasarkan basil analisis temyata prestasi belajar matematika siswa yang diajarkan mendapatkan model quantum learning lebih tinggi dengan nilai rata-rata 69,06 dari pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model cooperative teaming dengan nilai rata-rata 68,24. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model quantum learning dengan siswa yang menggunakan model cooperative /earning dimana dalam basil analisis statistik bahwa pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dibanding dengan model pembelajaran cooperative learning pada pokok bahasan bangun -bangun yang sebangun pada bangun datar segitiga siswa kelas IX SMP Negeri I Pabuaran tahun pelajaran 2017 /2018.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43753.pdf
Uncontrolled Keywords: quantum learning model, cooperative learning, mathematics learning achievement, students' mathematical creative thinking skills. Model quantum learning, cooperative learning, prestasi belajar matematika, kemampuan berpikir kreatif rnatematis siswa.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 16 Oct 2019 02:27
Last Modified: 08 Nov 2019 02:38
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8699

Actions (login required)

View Item View Item