Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja Medan

Iriyatna, (2019) Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja Medan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43783.pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Pengujian lingkungan kerja dan pemeriksaan tenaga kerja harus dilakukan secara tepat dan akurat mengingat hal ini merupakan faktor yang sangat penting bagi kelangsungan hidup tenaga kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk: menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Laboratorium Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja Medan. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode survei secara periodik. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratoriwn Balai K3 Medan. Dengan jwnlah sampel sebanyak 80 perusahaan. Laboratorium Balai K3 melakukan pengujian lingkungan kerja dan pemeriksaan kesehatan tenaga kerja yang berdomisili di wilayah Sumatera Utara. Analisis data menggunakan Survei kepuasan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan secara menyeluruh untuk indek kepuasan masyarakat pada unit pelayanan Pengujian Lingkungan Kerja/Pemeriksaan Kesehatan Tenaga Kerja pada Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja Medan didapatkan nilai IKM sebesar 79,34 dengan nilai mutu pelayanan dalam kategori B (Baik) yang artinya nilai pada semua unsur pelayanan menunjukkan kearah peningkatan yang baik. Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati menunjukkan pengaruh signifikan dan bersifat positif terhadap indeks kepuasan masyarakat yang menggunakan layanan pada Laboratorium Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja Medan, dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05. Koefisien determinasi R '"quare yaitu 0,770 menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, keandalan. daya tanggap, jaminan, dan empati 1nampu menjelaskan perubahan kepuasan masyarakat sebesar 77%, sedangkan sisanya 23% dijelaskan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43783.pdf
Uncontrolled Keywords: Public Satisfaction Index, Public Service Organization, Occupational Health and Safety lndeks Kepuasan Masyarakat, Penyelenggaran Pelayanan Publik,Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:03
Last Modified: 24 Oct 2019 10:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8708

Actions (login required)

View Item View Item