Winarti, Rahimin Encu (2019) Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Website BPS Provinsi Sulawesi Selatan). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43842.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (17MB) | Preview |
Abstract
Website BPS Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu pcmanfaatan teknologi informasi yang berfungsi sebagai salah satu layanan online bagi para pengguna data. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan website, upaya optimalisasi dan faktor-faktor penghambat optimalisasi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penclitian kualitatif kualitatif dengan level analisis eksplanasi. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Yang menjadi infonnan kunci penelitian ini yaitu Kepala BPS Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Bidang IPDS beserta jajarannya yang bertanggungjawab dalam pengelolaan website dan para pengguna data yang pernah mengakses website BPS Provinsi Sulawesi Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Website BPS Provinsi Sulawesi Selatan sejalan dengan salah satu teori pemanraatan teknologi informasi yaitu Technology Acceptance Model (FAM) yang merupakan pengembangan dari Theory of Reasoned Action (TRA). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan ini menjadi faktor pendorong dalam memanfaatkan website BPS Provinsi Sulawesi Selatan. Hal ini disebabkan karena pengguna percaya bahwa website BPS Provinsi Sulawesi Selatan cukup berguna dan cukup mudah digunakan. Upaya optimalisasi dilakukan schingga pelayanan dilakukan secara tranparan, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak serta keseimbangan hak dan kewajiban. Dengan adanya upaya optimalisasi ini maka dapat menjawab tuntutan data BPS untuk lebih eepat (faster), lebih murah (cheaper), lebih mudah diperoleh (easier), dan lebih berkualitas (better) sesuai dengan standar pelayanan. Sehingga dengan adanya pemanfaatan website BPS Provinsi Sulawesi Selatan ini sangat berpengaruh pada upaya peningkatan kualitas pelayanan publik. Kendala utarna dalam pelaksanaan e-government diantaranya masalah pengembangan infrastruktur, kepemimpinan dan budaya masyarakat. Dalam pemanfaatan website BPS Provinsi Sulawesi Selatan hat tersebut lidak terbukti menjadi kendala, karena dalam masalah infi-astruktur sudah baik, dalam masalah kepemimpinan cukup mendukung dengan memberikan kebijakankebijakan yang mendorong pengembangan websile BPS Provinsi Sulawesi Selatan. Begitu pula dalam budaya masyarakat untuk berbagi cukup baik. Penghambal lebih kepada kendala non teknis seperti sumber data yang lambat, banyak:nya tupoksi lain serta masih terbatasnya SOM yang menangani. Sedangkan dari pengguna sendiri tidak mengalami kcndala yang cukup berarti kecuali dalam masalah registrasi beberapa ada yang gagal registrasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43842.pdf |
Uncontrolled Keywords: | utilization of information technology, public services, websites pemanfaatan telcnologi infonnasi, pelayanan publik, website |
Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4038 Information Management (Manajemen Informasi) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 07:49 |
Last Modified: | 23 Oct 2019 10:05 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8740 |
Actions (login required)
View Item |