Evaluasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum 2013 SMP di kecamatan Kuaro

Mahyuni, (2018) Evaluasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum 2013 SMP di kecamatan Kuaro. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43804.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (23MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Kinerja guru menjadi suatu keharusan dalam peningkatan kualitas layanan pembelajaran yang mencakup pelaksanaan kurikulum untuk semua komponen mata pelajaran.Kinerja guru dapat dilihat dari pelaksanaan kompetensi-kompelensi yang harus dimiliki oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum 2013 SMP di Kecamatan Kuaro.Evaluasi kinerja guru dideskripsikan berdasarkan tiga aspek yaitu; mengevaluasi kinerja guru yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan tindak lanjut hasil pembelajaran berupa evaluasi peni/aian, mengevaluasi kendala guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, serta mengevaluasi upaya peningkatan kinerja guru dalam pembe-lajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Prosedur ana/isis data adalah reduksi data, display data dan verifikasi data. Sedangkan sumber data dalam penelitian adalah; guru Bahasa Indonesia, kepala sekolah dan urusan kurikulum. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, metode dan waktu. Hasil dari pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan menunjukkan bahwa guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP di Kecamatan Kuaro sudah mempunyai kinerja baik Hal ini ditunjukkan dengan nilai aspek kinerja guru dalam pembelajaran; yang terdiri dari perencanaan pembelajaran dengan nilai 75, 75, pelaksanaan pembelajaran dengan nilai 81,50, dan tindak lanjut hasil pembelajaran dengan nilai 70,50. Rata-rata nilai kinerja guru Bahasa Indonesia SMP di Kecamatan Kuaro yang diperoleh dengan nilai sebesar75,92 kategori baik Dari hasil observasi terhadap guru Bahasa Indonesia dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 diperlukan peningkatan dalam kreatifitas guru dalam menggunakan IT untuk media pembelajaran dan pengemb angan bidang penelitian. Sedangkan dalam upaya peningkatan kinerja guru dalam pengembangan pembelajaran diperlukan program pengembangan lebih lanjut agar guru lebih kreatif dalam mengembangkan diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43804.pdf
Uncontrolled Keywords: evaluation, teacher performance, Bahasa Indonesia learning, 2013 curriculum evaluasi, kinerja guru, pembelajaran Bahasa Indonesia, kurikulum 2013
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 23 Oct 2019 08:40
Last Modified: 23 Oct 2019 10:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8742

Actions (login required)

View Item View Item