Pengaruh Metode Problem Based Learning (PBL) dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 070974 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2017/2018

Gaho, Anita Kristiyanna (2019) Pengaruh Metode Problem Based Learning (PBL) dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 070974 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2017/2018. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43728.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujnan nntuk: (I) Menguji pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 070974 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2017/2018; (2) Menguji pengaruh gaya berpikir siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 070974 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2017/2018; (3) Menguji pengaruh interaksi antara metode pembelajaran Problem"Based Learning dan gaya berpikir siswa terhadap basil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 070974 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 201712018; (4) Menguji pengaruh metode pembelajaran Problem-Based Learning dan Konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 070974 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2017/2018 yang memiliki gaya berpikir konvergen; (5) Menguji pengaruh metode pembelajaran Problem-Based Learning dan Konvensional terbadap hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 070974 Gnnungsitoli Tahun Pelajaran 2017/2018 yang memiliki gaya berpikir divergen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain factorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri No.070974 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 kelas dengan sampel diambil sejunilah 70 siswa_ Kelas yang dijadikan sampel kelompok eksperimen adalah kelas IV A berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol adalah kelas IV B berjunilah 35 siswa. Pernilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dan instrument gaya berpikir siswa. Data yang terkumpul diolah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis varians (anava) dua jalur dengan mengunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan konvensiooal terhadap basil be la jar IP A siswa Ke las IV SD Negeri 070974 Gnnungsitoli TP.2017/2018; (2) Terdapat pengaruh gaya berpikir siswa terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 070974 Gnnungsitoli Tahun Pelajaran 2017/2018; (3) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan PBL dan gaya berpildr siswa terhadap hasil belajar IP A siswa Ke las IV SD Negeri 070974 Gunnng Sitoli Tahun Pelajaran 201712018; (4) Terdapat pengaruh metode pembelajaran PBL dan Konvensional terlladap hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 070974 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 201712018 dengan gaya berpikir konvergen; dan (5) Terdapat pengaruh metode pembelajaran PBL dan Konvensional terhadap basil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 070974 Gunungsitoli Tahun Pelajaran2017/2018 dengan gaya berpikir divergen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43728.pdf
Uncontrolled Keywords: PBL, Conventional, Thinking Style, Learning Result, Science Subject,Metode PBL, Metode Konvensiona/, Gaya Berpildr, Hasil Belajar IPA
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9 Historical, Geographic, Person Treatment of Elementary Education (Pendidikan Dasar di Lokasi Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 23 Oct 2019 08:57
Last Modified: 18 Nov 2019 07:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8744

Actions (login required)

View Item View Item