Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Self-Efficacy Matematis Siswa SMP

Suwanjal, Usep (2013) Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Self-Efficacy Matematis Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41588.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan self-efficacy matematis yang dikuasai siswa merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki terutama dalam era persaingan global seperti sekarang ini. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kedua kemampuan tersebut adalah pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) self-efficacy matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional dan (3) hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan self-efficacy matematis siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual. Metode Penelitian kuasi eksperimen dengan desain "pretest-postest non equivalent control group". Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Menggala dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII. Teknik sampel yang digunakan purposive sampling, terpilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen (pendekatan kontekstual) dan VIII D sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan skala sikap self-efficacy matematis. Analisis data peningkatan kemampuan berpikir kritis dengar. menggunakan uji 1. Dan analisis peningkatan self-efficacy matematis siswa dengan menggunakan uji mann whitney karena data self-efficacy berskala ordinal. Selanjutya uji korelasi peningkatan kemampuan berpikir kritis dan self-efficacy matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual menggunakan uji rank spearman. HasH penelitian ini menunjukkan : (1) kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) self-efficacy matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dan (3) self-efficacy matematis siswa tidak berkorelasi dengan perungkatan kemampuan bepikir kritis siswa melalui pembelajaran kontekstual.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41588.pdf
Uncontrolled Keywords: contextual approach, critical thinking skills, self-efficacy of mathematics, pendekatan kontekstual, kemampuan berpikir kritis, self-efficacy matematis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:37
Last Modified: 04 Aug 2016 04:37
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item