Pengembangan Sumber Daya Aparatur Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Di Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau

Tamboso, William (2014) Pengembangan Sumber Daya Aparatur Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Di Sekretariat Daerah Kabupaten Lamandau. Masters thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
41787.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pegawai dituntut kemampuannya untuk melihat lebih jeli semua perubahan yang terjadi, Terdapat beberapa cara untuk memperoleh pegawai yang mempunyai kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan daerah yaitu dengan pola rekrutmen yang benar, dan diperlukan pula upaya lain untuk meningkatkan motivasi kerja diantaranya dengan pengembangan aparatur terhadap keberadaan pegawai di lingkungan organisasi pemerintah daerah. Diklat struktural sebagai salah satu bentuk pengembangan sumber daya aparatur seringkali merupakan hal yang bersifat formalitas saja karena kecenderungan penelitian bukan pada aspek hasil tes tetapi berdasarkan asas kedekatan dan kolusi sehingga kompetisi menjadi tidak sehat (Nordin dalam Halimah, 2005). Tujuan penelitian: (1) mendeskripsi dan menganalisis pengembangan sdm di Sekretariat Daerah (2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan sdm di Sekretariat Daerah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data meliputi: (1) wawancara langsung dengan key informan yang dipilih secara purposive sampling, yaitu Sekretaris Daerah, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana, Kepala Sub Bagian Pendayagunaan Aparatur dan Kepegawaian (2) Dokumentasi, (3) Observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis. Temuan : (1) Diklat dilaksanakan melalui pra jabatan, manajemen pemerintahan, penjenjangan struktural, teknis dan fungsional, (2) Upaya tersebut diperkuat dengan pembentukan kader yang bergerak dibidang kepegawaian, namun tidak ditunjang oleh pendanaan yang masih berada di bawah 10%, (3) Faktor pendukung berupa kebijakan dan minat pegawai yang cukup tinggi, faktor penghambat terbatasnya sarana dan prasarana pendidikan, minimnya kontribusi anggaran yang hanya mencapai angka 1,57%, persyaratan yang cukup sulit yaitu harus mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41787.pdf
Uncontrolled Keywords: Resource Development through Education and Training Apparatus, Pengembangan SDM Aparatur Melalui Pendidikan dan Pelatihan
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.63 Government Workers (Pegawai Pemerintah)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3 Personnel Management (Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:59
Last Modified: 04 Aug 2016 06:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item