Search for collections on Universitas Terbuka Repository

Pengaruh Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA

Fitriyani, (2013) Pengaruh Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41324.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: pertama, menelaah perbedaan peningkatan hasil belajar matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan CTL dan hasil belajar matematik siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; kedua, melihat sikap siswa terhadap pelajaran matematika dan model pembelajaran kontekstual serta soal-soal yang diberikan. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain randomized pre test-post test control group design. Populasi teJjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bogor yang terdaftar pad a tahun pelajaran 201:212013 yang terdiri dari delapan rombongan belajar. Sampel yang diperoleh secara acak dan melalui undian adalah kelas X-I dan X-8. Data sikap siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes uraian. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa: pertama, peningkatan hasil belajar matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih baik dari peningkatan hasil belajar matematik siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (P-value = 0.025 dan Sig. (2-tailed) = 0.000); kedua, sikap siswa terhadap pelajaran matematika dan model pembelajaran kontekstual serta soal-soal yang diberikan adalah positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41324.pdf
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning, hasil belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:57
Last Modified: 16 Aug 2019 02:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/887

Actions (login required)

View Item View Item