Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Pendekatan Outdoor Terhadap Kemampuan Representasi Dan Motivasi Matematik Siswa

Priyadi, Hermawan Gatot (2019) Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Pendekatan Outdoor Terhadap Kemampuan Representasi Dan Motivasi Matematik Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43773.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Leaming (CTL) dengan pendekatan outdoor terhadap representasi dan motivasi matematik siswa. Pembelajaran model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pendekatan outdoor adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan berdasarkan tujuh komponen utama yaitu: konstruktivisme, penemuan, bertanya, pembelajaran masyarakat, pemodelan, refleksi dan penilaian aktual dan proses pembelajaran yang dilakukan di luar kelas sesuai dengan prinsip-prinsip outdoor study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SUPMN Tega! Tahun Pelajaran 2017/2018, sebanyak 129 siswa tersebar di 8 kelas. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest-Postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling, diperoleh kelompok eksperimen satu yaitu kelas X TBP-B terdiri dari 15 siswa dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran Contextual teaching and Leaming (CTL) dengan pendekatan outdoor, kelompok eksperimen dua yaitu kelas X TBP-A terdiri dari 15 siswa dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Leaming (CTL) dan kelompok kontrol yaitu kelas X TPL-A terdiri dari 15 siswa dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini berupa tes representasi matematika dan angket motivasi belajar yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji kolmogorov-smirnov, uji levene, anova satu jalur dan uji lanjutan post hoc. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Contextual Teaching and Leaming (CTL) dengan pendekatan outdoor memberikan pengaruh peningkatan kernampuan representasi matematik siswa lebih tinggi dari pada pembelajaran CTL dan pembelajaran konvensional. (2) Contextual 1'eaching and Leaming (CTL) dengan pendekatan outdoor memberikan pengaruh peningkatan motivasi belajar matematik siswa lebih tinggi dari pada pembelajaran CTL dan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43773.pdf
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Contextual Teaching and Leaming (CTL) dengan pendekatan Outdoor, Contextual Teaching and learning (CTL), konvensional,representasi matematik, motivasi matematik.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.238 Upper Level Secondary School (Sekolah Menengah Atas, SMA)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:41
Last Modified: 26 Feb 2020 04:24
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8902

Actions (login required)

View Item View Item