Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Gugus X Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor

Paperalita, Liestiya (2018) Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Gugus X Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43798.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap Hasil Belajar Matematika. Metode penelitian menggunakan metode survey dan menggunakan teknik analisis regresi, dan korelasi sederhana, korelasi ganda, dan korelasi parsial. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Gugus X Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, dengan jwnlah responden sebanyak 80 orang dengan menggunakan Teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif antara Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika, (2) terdapat hubungan positif antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Hasil Belajar Matematika dan, (3) terdapat hubungan positif antara Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Membaca Pemahaman secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Matematika. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa Hasil Belajar Matematika dapat ditingkatkan oleh aspek Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Membaca Pemahaman, karena basil verifikasi data membuktikan bahwa Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Membaca Pemahaman memiliki hubungan yang signifikan dalam Mata Pelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43798.pdf
Uncontrolled Keywords: Motivation for achievement, reading comprehension, and mathematics learning Outcomes, Motivasi berprestasi, membaca pemahaman, dan hasil belajar matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 04 Mar 2020 03:49
Last Modified: 04 Mar 2020 03:49
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8910

Actions (login required)

View Item View Item