Kasmuji, (2018) Pengaruh Manajemen Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Negeri Long Ikis Kabupaten Paser. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
20-43918.pdf Download (13MB) |
Abstract
Rendahnya kinerja guru dan mutu pcndidikan menjadi pennasalahan saat ini yang dihadapi oleh hampir semua sekolah di Kabupaten Poser, tennasuk di Kecamatao Long lkis. Tujuan penelitian ini: Untuk mengetahui pengaruh manajemen sekolah terltadap kinerja Guru pada SMP Negeri Long Ikis. Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah lerhadap kinerja guru pada SMP Negeri Long lkis. Untuk mengetahui pengaruh manajemen sekolah dan kepemimpinan kepala selrolah terhadap kinerja guru SMP Negeri Long lkis. Jenis penelitihan diskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tersebar di 7 (tujuh) SMP Negeri Long lkis Kabupaten Paser dengan masa kerja lima tahun lebih, sebanyak 80 orang pegawai. Sampel penelitihan diambil dari semua populasi. Posedur pengumpulan data penelitian dilakukan dengan kuisioner, dengan instrumen sebanyak 30 item pernyataan. Sedangkan analisis datanya adalah secara kualitatif dengan teknik statistik diskriptif, analisis korelasi dan regresi sederhana, serta analisis korelasi dan regresi berganda. Dengan pengolahan data menggunakan program SPSS versi 24.0. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pada tamp kepercaayaan 0,05 manajemen sekolah terhadap kinerja guru, terbukti korelasi Pearson R = 0,824, nilai R square ( R') = 0,680 atau 68,0%. (2) teldapat pengoruh positif dan signifikan pada tarap kepercayaan 0,05 kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. ditunjukkan R ~ 0,820, nilai R squere (R2) = 0,672 atau 67,2% (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pada tamp kepercayaan 0,05 manajemen sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah secara simultan terhadap kinerja guru,hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi berganda (R) = 0,844 atau koefisien determinasinya ( R') = 0, 713 atau 71,3%. Kesimpulan: Manajemen sekolah terbadap kinerja guru SMP Negeri Long Ikis mendapat pengaruh positif dan signifikan. Kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri Long lkis mendapat pengaruh positif dan signifikan. Manajemen sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama teibadap kinerja guru SMP Negeri Long Ikis mendapat pengaruh positif don signiflkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43918.pdf |
Uncontrolled Keywords: | school management, principal leadership, teacher performance, manajemen sekolah, kepemimpinan kepala sekolah,kinerja guru. |
Subjects: | 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 20 Mar 2020 12:31 |
Last Modified: | 21 May 2024 04:12 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8944 |
Actions (login required)
View Item |