Pengaruh Supervisi Klinis Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Somolomolo

Fatieli Lawolo, (2018) Pengaruh Supervisi Klinis Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Somolomolo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43923.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (I) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang diajar oleh guru disertai supervisi klinis dengan siswa yang diajar oleh guru tanpa supervisi klinis; (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar oleh guru disertai supervisi klinis dengan siswa yang diajar oleh guru yang tanpa supervisi klinis; dan (3) Untuk mengetahui pengaruh supervisi klinis terhadap motivasi dan hasil belajar siswa Penelitian ini dilakukan pada seluruh guru yang mengajar di kelas VIII SMP Negeri 1 Somolomolo dengan populasi berjumlah 20 orang. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-A dan kelas VIII-C yang terdiri dari 10 responden per kelas sehingga seluruhnya berjumlah 20 orang. V ariabel independen pada penelitian ini adalah motivasi belajar dan hasil belajar, sedangkan variabel dependen adalah supervisi klinis. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes pilihan ganda untuk hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Multivariat Analysis of Variance (MANOVA). Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan motivasi belajar siswa yang diajar oleh guru disertai supervisi klinis dengan siswa yang diajar oleh guru tanpa supervisi klinis di SMP Negeri 1 Somolomolo; (2) ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar oleh guru disertai supervisi klinis dengan siswa yang diajar oleh guru tanpa supervisi klinis di SMP Negeri 1 Somolomolo; dan (3) ada pengaruh supervisi klinis terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Somolomolo.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43923.pdf
Uncontrolled Keywords: clinical supervision, learning motivation, learning result,Supervisi Klinis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 01 Sep 2020 06:34
Last Modified: 01 Sep 2020 06:34
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9038

Actions (login required)

View Item View Item