Annas, (2013) Eksperimen Faktorial Antara Faktor Model Pembelajaran dan Gaya Belajar Dalam Pembelajaran Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat di SMA Negeri 3 Makale Tana Toraja. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41292.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x3 dengan menerapkan model pembelajaran (langsung dan kooperatif tipe STAD) pada dua kelompok berbeda yang didasarkan pada gaya belajar siswa (visual, audio, dan kinestetik) dalam pembelajaran persamaan dan pertidaksamaan kuadrat. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Melihat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang di belajarkan dengan model pembelajaran langsung dalam pembelajatiiii persamaan dan pertidaksamaan kuadrat. 2) Melihat perbedaan hasil belajar siswa dengan gaya belajar berbeda dalam pembelajaran persamaan dan pertidaksamaan lruadrat. 3) Melihat interaksi antara model pembelajaran dan gaya beiajar terhadap hasil beiajar siswa dalam pembelajaran persamaan dan pertidaksamaan kuadrat. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Makale Tana Toraja dengan populasi penelitian adalah kelas X yang terdiri atas delapan kelas paralel. Prosedur pengambilan sampel dalam penelitian ini diawali dengan menggunakan stratified random sampling, yaitu dengan mengidentifikasi kelas-kelas yang memiliki penyebaran gaya belajar yang relatif sama melalui tes gaya belajar siswa (visual, audio, kinestetik) terhadap siswa pada kelas yang dianggap homogen. Diantara banyaknya kelas yang mempunyai penyebaran gaya belajar yang relatif sama akan dipilih dua kelas untuk dijadikan sebagai unit eksperimen dengan menggunakan cluster random sampling. Prosedur pengumpulan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini menggunakan tiga cara : 1) Metode observasi, bertujuan untuk memperoleh gambaran umum dan nyata terhadap kondisi dan lingkungan objek penelitian. 2) Metode angket, bertujuan untuk memperoleh data tentang gaya beiajar siswa, yang meliputi gaya belajar visual, audio, dan kinestetik. 3) Metode tes, bertujuan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa setelah mengikuti perlakuan. Untuk mendapatkan instrumen tes yang mempunyai keabsahan yang baik sebelum digunakan instrumen tes hasil belajar dilakukan uji coba. Instrumen tes yang absah adalah instrumen yang mempunyai derajad validitas dan reliabilitas yang tinggi. Dalam penelitian ini uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi biserial titik sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus koefisien reliabilitas dengan metode belah dua dalam bentuk aplikasi IBM SPSS versi 19. Adapun metode yang digunakan untuk melakukan analisis data hasil belajar dalam penelitian ini yaitu metode analisis statistik deskriptif dan analisis data 1 inferensial. Analisis statistik deskriptif diperlukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan data yang diperoleb melalui basil pengukuran. Analisis statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis dan membuat generalisasi. Pengujian hipotesis membutuhkan alat statistik berupa statistik parametris. Sebelum menggunakan uji paramteris terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Statistik parametris yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu uji analisis variansi dua arab kemudian dilanjutkan dengan uji t. Hasil analisis data tersebut diperoleh simpulan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa dengan model pembelajaran langsung berbeda secara signifikan dengan basil belajar yang diperoleh dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Sedangkan perbedaan gaya beiajar tidak dapat membedakan secara signifikan basil belajar yang diperoleh siswa. Akan tetapi, antara model pembelajaran dan gaya belajar terdapat interaksi yang signifikan terhadap basil belajar siswa dalam pembelajaran persamaan dan pertidaksamaan kuadrat di SMA Negeri 3 Makale Tana Toraja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41292.pdf |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif tipe stad, gaya belajar visual, gaya belajar audio, gaya belajar kinestetik; hasil belajar, interaksi model pembelajaran dan gaya belajar |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 511.8 Mathematical Models, Mathematical Simulation/Matematika Model, Simulasi Matematika |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 07:43 |
Last Modified: | 31 Aug 2018 09:09 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/910 |
Actions (login required)
View Item |