Hubungan Disposisi Matematis Dan Efikasi Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 2 Pasuruan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan

Delniwati, (2019) Hubungan Disposisi Matematis Dan Efikasi Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 2 Pasuruan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44146.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstem. Faktor intern meliputi disposisi matematis dan eftkasi diri. Disposisi matematis merupakan dorongan/keinginan, kesadaran, dan dedikasi yang knat pada diri siswa untuk belajar matematika. Efikasi diri merupakan keyakinan yang dimiliki oleh seseorang. Disposisi dan efikasi diri sangat berpengaruh terhadap hasil belajar matematika Rumusan masalah dillam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang positif dan signiftkan antara disposisi matematis dan eflkasi diri dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 2 Pasuruan kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat hubungan disposisi dan efikasi diri dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasi. Subjek dan populasi penelitian semua siswa kelas V SDN 2 Pasuruan kecamatan Penengahan dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar. Teknik: analisis data dengan statistic deskriptif, analisis regresi sederhana clan regresi berganda. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji nonnalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh 1) terdapat hubungan signiftkan antara disposisi matematis dengan hasil belajar matematika dengan nilai rhitung sebesar 8,685 clan rtabel 2,002, 2) terdapat hubungan signiftkan antara efikasi diri dengan hasil belajar matematika dengan nilai rhitung sebesair 11,354 dan ftabel 2,002, 3) disposisi matematis dan efikasi diri berhubungan secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika dengan nilai korelasi sebesar 0,849 dan R Square sebesar 72, 1 %. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang positif dan signiftkan antara disposisi matematis dan eftkasi diri dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 2 Pasuruan Kecamatan Penengahan Kabupaten Larnpung Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44146.pdf
Uncontrolled Keywords: mathematical disposition, self efficacy, math learning outcomes,disposisi matematis, efikasi diri, hasil belajar matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:18
Last Modified: 03 Dec 2020 07:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9148

Actions (login required)

View Item View Item