Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Kasus di Kantor Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Samosir)

Manurung, Gelora Dwi Santalia (2019) Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Kasus di Kantor Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Samosir). Other thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44152.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Fenomena yang terjadi pada Kantor Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Samosir rendahnya kualitas pelayanan publik merupakan salah satu sorotan yang diarahkan kepada birokrasi pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Perbaikan pelayanan publik di era reformasi merupakan harapan seluruh masyarakat, namun dalam perjalanan reformasi yang memasuki tahun ke enam, ternyata tidak mengalami perubahan yang signifikan. Berbagai tanggapan masyarakat Kabupaten Samosir justru cenderung menunjukkan bahwa berbagai jenis pelayanan publik mengalami kemunduran yang utamanya ditandai dengan banyaknya penyimpangan dalam layanan publik tersebut. Sistem dan prosedur pelayanan yang berbelit-belit, dan sumber daya manusia yang lamban dalam memberikan pelayanan, mahal, tertutup, dan diskriminatif se11a berbudaya bukan melayani melainkan dilayani juga merupakan aspek layanan publik yang banyak disoroti. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Penelitian asosiatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau hubungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat dan seberapa eratnya pengaruh atau hubungan kedua variabel tersebut. Secara Uji Validitas bahwa Correct total correlation menunjukkan korelasi antara skor item dengan skor total item yang dapat digunakan untuk menguji validitas instrumen. Untuk mengetahui validitas pada setiap pertanyaan, maka nilai pada colom corrected item total correlation yang merupakan nilai rhitung dibandingkan dengan r1abel· Adapun pada a = 0,05 dengan derajat bebas df = 68, sehingga (0,05:55), diperoleh r1aoel adalah 0,244. Sehingga menunjukkan bahwa hanya 15 butir penyataan dinyatakan valid. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa butir penyataan tersebut layak untuk digunakan sebagai instrumen penelitian. Variabel Sumber Daya Manusia terhadap Kualitas Pelayanan diperoleh nilai thitung>ttabel (2,220 > 2,021) sehingga dapat disimpulkan bahwa Sumber Daya Manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Samosir Koefisien determinasi pada penelitian ini adalah 0,21 lni menunjukan bahwa Sumber daya Manusia sebagai variabel bebas dapat menjelaskan kualitas pegawai sebagai variabel terikat sebesar 21 % Pada Univeritas Medan Area artinya dengan adanya disiplin ke1ja yang dibuat pihak Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Samosir sehingga agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan pegawai. Sedangkan sisanya sebesar 14,6% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information (ID): 44152.pdf
Uncontrolled Keywords: Effect of Human Resources on Quality of Licensing Services,Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan Perizinan
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 651 Office Services (Layanan Kantor)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:31
Last Modified: 21 Jan 2021 03:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9190

Actions (login required)

View Item View Item