Pengaruh Minat Baca, Penguasaan Kosakata Dan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Terhadap Keterampilan Berbicara {Studi Korelasional pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar se-Kecamatan Cibeber Cianjur)

Mareta, Rima Lusmiyanti (2018) Pengaruh Minat Baca, Penguasaan Kosakata Dan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Terhadap Keterampilan Berbicara {Studi Korelasional pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar se-Kecamatan Cibeber Cianjur). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43849.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca, penguasaan kosakata dan rasa percaya diri peserta didik terhadap keterampilan berbicara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan strategi survei. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V SD di 5 gugus di Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan purposive sampling dengan jumlah sampel adalah 124 responden. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proposisi minat baca terhadap keterampilan berbicara tidak dapat diterima; (2) Proposisi penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara dapat diterima; (3) Proposisi rasa percaya diri terhadap keterampilan berbicara dapat diterima; ( 4) Secara bersama-sama variabel minat baca,penguasaan kosakata dan rasa percaya diri dapat mempengaruhi keterampilan berbicara, secara parsial penguasaan kosakata dan rasa percaya diri dapat mempengaruhi keterampilan berbicara tetapi minat baca tidak dapat mempengaruhi keterampilan berbicara dan (5) Variabel yang paling berpengaruh terhadap keterampilan berbicara adalah penguasaan kosakata.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42849.pdf
Uncontrolled Keywords: speaking skills, reading interest, vocabulary mastery and selfconfidence., keterampilan berbicara, minat baca, penguasaan kosakata dan rasa percaya diri.
Subjects: 000 Generalities > 020-029 Library and Information Science (Perpustakaan dan Ilmu Informasi) > 028.9 Reading Interest and Habits (Kebiasaan Membaca, Minat Baca)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > PGSD (S1)
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Jan 2021 07:37
Last Modified: 21 Jan 2021 07:37
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9192

Actions (login required)

View Item View Item