Zebua, Yasani (2018) Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Berbasis Masalah Di SMP Negeri 1 Gido Kabupaten Nias. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43930.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian menganalisis: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan berbasis masalah dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa,(2) Perbedaan peningkatan kemarnpuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan berbasis masalah dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) Interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal maternatika siswa terhadap kemampuan penalaran matematika siswa,(4) Interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa,(5) Respon siswa terhadap pembelajaran matematika melalui pendekatan berbasis masalah. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Gido Kabupaten Nias dengan jumlah 5 kelas yaitu kelas VIII-A, Vlll-B, Vlll-C, VIII-D,dan VIII- E. Sampel 2 kelas yaitu VIII-A kelas eksperimen jumlah 35 siswa dan kelas VIII-D jumlah 31 siswa. Keseluruhan adalah 66 orang siswa. Kelas eksperimen dengan pembelajaran pendekatan berbasis masalah dan kelas control dengan pembelajaran biasa. Variabel dependen adalah kemampuan penalaran matematis dan berpikir matematis siswa, sedangkan variabel independen adalah pendekatan berbasis masalah. Pengumpulan data menggunakan tes uraian kemampuan penalaran matematis 5 soal dan berpikir kritis matematis 5 soal dan angket respon siswa pada pembelajaran pendekatan berbasis masalah. Analisis data dilakukan menggunakan Analysis of Variance . Hasil analisis menunjukkan :(l)Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis secara signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan berbasis masalah dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa,(2)Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis secara signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan berbasis masalah dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa,(3)Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan penalaran matematika siswa,(4)Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (5) Pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan pada siswa smp mendapat respon positif dari siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43930.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Problem-Based Approach, Mathematical Preliminary Ability,Mathematical Reasoning Ability, Mathematical Critical Thinking Skill, Pendekatan Berbasis Masalah, Kemampuan Awai Matematis,Kemampuan Penalaran Matematis, Berpikir Kritis Matematis. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 06:19 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 06:19 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9205 |
Actions (login required)
View Item |