Harefa, Luxman Jaya (2018) Pengaruh Budaya Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kompetensi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Namohalu Esiwa. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43925.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Tuntutan guru yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang ilmunya sekarang ini sangatlah dibutuhkan. Hal ini karena pendidikan harus ditingkatkan dalam menghadapi persaingan global. Sekarang ini guru yang memiliki kompetensi tinggi masih sangat kurang sehingga perlu diketahui faktor yang mempengaruhinya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya kerja dan motivasi kerja terhadap kompetensi guru di Sekolah Dasar Kecamatan Namohalu Esiwa. Adapun tempat penelitian ini dilakukan pada Sekolah Dasar Kecamatan Namohalu Esiwa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Kecamatan Namohalu Esiwa Adapun jumlah guru Sekolah Dasar di Kecamatan Namohalu Esiwa sebanyak 250 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah mewakili guru setiap sekolah dasar yang ada di Kecamatan Namohalu Esiwa dengan jumlah 71 orang. Waktu penelitian pada penelitian ini berkisar bulan November-Desember 2017. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian kualitas data yaitu uji validitas dan reliabilitas dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas dan multikolinearitas. Pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil pengujian hipotesis diperoleh model penelitian yaitu Y = 38,615 + 0,431 XI + 1,382 X2 + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya kerja tingkat signifikan sebesar 0,001 atau lebih kecil dari 5% sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis diterima dan motivasi kerja menunjukkan tingkat signifikan yang diperoleh pada variabel ini sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 5% sehingga dapat ditarik kesimpulan hipotesis diterima. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat ditarik kesimpulan baik secara parsial maupun simultan budaya kerja dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru di Sekolah Dasar Kecamatan Namohalu Esiwa.
Actions (login required)
View Item |