Pengaruh Kesejahteraan Dan Motivasi Mengajar Terhadap Kompetensi Profesional Guru SD Menggunakan Metode Participatory Action Research (PAR)

Munandar, Mumu (2019) Pengaruh Kesejahteraan Dan Motivasi Mengajar Terhadap Kompetensi Profesional Guru SD Menggunakan Metode Participatory Action Research (PAR). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44185.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kompetensi Profesional guru merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kompetensi Profesional gum sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diantaranya ialah kesejal1teraan dan motivasi mengajar. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengamh dari faktor tersebut. Penelitian ini dilakukan pada guru di Gugus 01 Kecamatan Solear yang berjumlah 76 responden. Variabel independen pada penelitian ini adalah kesejahteraan dan motivasi mengajar guru sedangkan variabel dependen adalah Kompetensi profesional guru. Metode Participatory Action Research (PAR) digunakan untuk melihat perbedaan antara basil analisis tanpa partisipasi dengan partisipasi aktif stakeholder terkait. Sehingga keterlibatan Kepala Sekolah penting dalam penelitian ini. Pengukuran skala menggunakan skala Likert. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan obsevasi. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan regresi sederhana serta regresi berganda. Perangkat lunak yang digunakan dalam analisis ialah SPSS 20. Dari standar estimated untuk variabel Kesejahteraan (x1), Motivasi Mengajar (x2 ), Kompetensi Profesinal Gum (y) maka dapat dibuat persamaan stmktural sebagai berikut Y = 93,908 + 0,010 x1 + 0,603 x2 . Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Profesionalisme Guru dipengaruhi oleh kesejahteraan dan motivasi mengajar secara bersama sebesar 96,3 % sedangkan sisanya 3,7 % dipengaruhi oleb variabel lain diluar model penelitian ini. Akan tetapi jika melihat hasil analisis secara masing - masing variabel, yang bemilai positif hanya variabel motivasi mengajar sedangkan variabel kesejahteraan bemilai negatif. Akan tetapi, hasil pengamatan kepala sekolah melalui lembar observasi selama penelitian para responden terlihat perubahan yang positif dalam usaha meningkatkan kompetensi profesionalismenya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44185.pdf
Uncontrolled Keywords: Welfare, Teaching Motivation, Professional Competence, Kesejahteraan, Motivasi Mengajar, Kompetensi Profesionalisme,Participatory Action Research (PAR)
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 Feb 2021 06:27
Last Modified: 17 Feb 2021 07:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9217

Actions (login required)

View Item View Item