Tirawati, Heri (2019) Peningkatan Produktivitas Pegawai Dalam Pelayanan Jasa Perijinan Pada Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas V Pegatan Mendawai. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44194.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 36 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata kerja Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, dalam pelaksanaan fungsi pelayanan kepada masyarakat menuntut suatu pelayanan prima,dengan sendi-sendi pelayanan meliputi kesederhanaan, kejelasan, kepastian hukum efesien, keterbukaan dan ketepatan waktu, sehingga keprimaan dalam pemberian pelayanan menjadi realita dan untuk mendapat pengakuan atas kualitas pelayanan yang memuaskan masyarakat. Berdasarkan studi pendahuluan, sumber daya manusia Pegawai Kantor KSOP Kelas V Pegatan Mendawai terdapat sebanyak 7 orang. Penelitian ini jenis deskriptif kualitatif dari sumber primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data berupa: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian: (1) peningkatan produktivitas pegawai dalam melakukan pelayanan jasa perijinan KSOP Kelas V Pegatan Mendawai yaitu: melakukan efesiensi waktu, bahan, tenaga, terstruktur dan menghindari proses berbelit dengan pembagian tugas, insentif, berprestasi, keterampilan komputer pelayanan. (2)Faktor penghambat peningkatan produktivitas pegawai dalam pelayanan jasa perijinan KSOP Kelas V Pegatan Mendawai, yaitu: jumlah pegawai terbatas,pengguna jasa selalu mengabaikan jadwal pelayanan sehingga pelayanan tidak dapat dilakukan secara maksimal, kurangnya SDM yang berkuaJifikasi pelaut, pendidikan belum memadai, kurang kesempatan mengikuti diklat, kualitas pegawai,sarana dan prasarana kurang optimal. Faktor penunjang peningkatan produktivitas pegawai mengusahakan efesiensi (waktu, bahan, tenaga), sistem kerja cepat, dan menambah pendidikan lebih tinggi secara mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 44194.pdf - NIM. 500873702 |
Uncontrolled Keywords: | increased productivity, office employees, licensing services, peningkatan produktivitas, pegawai kantor, pelayanan jasa perijinan. |
Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 06:34 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 06:34 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9228 |
Actions (login required)
View Item |