Hubungan Kompetensi Supervisi, Dan Kepemimpinan Sekolah Dengan Kinerja Guru Di SD Zona 1 Kabupaten Pandeglang

Wantoro, Wawan (2019) Hubungan Kompetensi Supervisi, Dan Kepemimpinan Sekolah Dengan Kinerja Guru Di SD Zona 1 Kabupaten Pandeglang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44197.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Guru mempunyai peran strategis dalam meningktakan kualitas pendidikan di sekolah, di Zona l Kabupaten Pandeglang terdapat beberapa sekolah yang kinerja gurunya masih rendah sehingga berdampak pada kuaJitas pendidikan. Untuk menjaga agar kinerja guru tetap optimal, maka perlu pengawasan dari kepala sekolah selaku pimpinan. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji hubungan kompetensi supervisi dan kepemimpinan sekolah dengan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan pada guru-guru SD di Zona 1 Kabupaten Pandeglang. Metode yang digunakan adalah teknik survai dengan skala Likert, menggunakan angket dengan sampel 168 responden. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif, regresi sederhana dan regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak menggunakan SPSS versi 20 for windows. Dari standar estimated untuk variabel kompetensi supervisi (X1), kepem.impinan sekolah (X2) dan kinerja guru (Y), dengan persamaan Y = 32,973+0, 116X ,+O, 155X2. Hasil analisis tingkat keeratan hubungan kompetensi supervi si dan kepemimpinan sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru sebesar 0,467 yang tennasuk pada kategori sedang. Kontribusi variabel kompetensi supervisi dan kepemimpinan sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja gum sebesar 21,8% dan sisanya 78,2% kontribusi dari faktor lain diluar model penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu l) terdapat hubungan positif kompetensi supervisi kepala sekoJal.1 dengan kinerja guru; 2) terdapat hubungan positif kepemimpinan sekolah dengan kinerja gum; 3) terdapat hubungan positif kompetensi supervisi kepala sekolah dan kepemimpinan sekolah dengan kinerja gum.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44197.pdf/NIM. 530005177
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah, Kepemimpinan Sekolah dan Kinerja Guru
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 26 Feb 2021 09:05
Last Modified: 26 Feb 2021 09:05
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9233

Actions (login required)

View Item View Item