Hubungan Antara Pengetahuan Awal Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Pasuruan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan

Hermiyanti, (2019) Hubungan Antara Pengetahuan Awal Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Pasuruan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44084.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika, sikap acuh tak acuh, dan mungkin kurangnya kemampuan berhitung siswa juga kurangnya respon terhadap proses belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan awal dengan hasil belajar siswa, untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa juga untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan awal dan motivasi belajar bersama dengan hasil belajar siswa pada SDN Pasuruan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sedangkan penelitian kuantitatif adalah penelitian yang bertujuan unruk memberikan gambaran fenomenal yang dapat diamati secara lebih rinci, misalnya disertai dengan data numerik, karakteristik dan pola hubungaμ antar variabel. Penelitian ini menggunakan populasi dan sampel dari siswa kelas IV di SDN 1 dan SDN 2 Pasuruan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV di SDN I clan SDN 2 Pasuruan di Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan sebanyak 116 siswa. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 90 siswa dari 116 total populasi dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pengetahuan awal memberikan kontribusi terhadap hasil belajar yang berjumlah 51,7%, artinya semakin baik pengetahuan awal, maka hasil belajar juga akan semakin baik. motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar yang berjumlah 51 o/o artinya semakin baik motivasi belajar, maka hasil belajar juga akao semakin baik. Pengetahuan awal dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar yang ditunjukkan oleh R square sebesar 52,7% artinya 47,3% dipengaruhi oleh faktor lain

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44084.pdf
Uncontrolled Keywords: Prior knowledge, learning motivation, learning outcomes, pengetahuan awal, motivasi belajar, hasil belajar matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (Berhitung untuk Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Mar 2021 07:57
Last Modified: 12 Mar 2021 07:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9243

Actions (login required)

View Item View Item