Hubungan Sikap Siswa Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan

Lestari, Rini and Winata, Ganjar and Sugilar, (2019) Hubungan Sikap Siswa Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44073.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu pelajaran yang pedu diberikan di sekolah adalah matematika karena matematika berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan intelektual. Selain itu, perkembangan teknologi modem juga didasari oleh ilmu matematika. Matematika membuat manusia dapat berpikir lebih maju sehingga siswa perlu mempelajari matematika sebagai bekal dalam menghadapi perkembangan zaman. Sikap belajar matematika siswa di Sekolah Dasar Negeri Gugus II Kecamatan penengahan masih belum menunjukkan arah yang positif, motivasi belajar dan hasil belajarnya juga masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui hubungan antara variabel bebas yaitu sikap siswa dan motivasi belajar dengan variabel terikat yaitu hasil belajar metematika Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan dengan jumlah sampel 115 siswa Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner untuk mengetahui sikap siswa dan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran matematika dan tes hasil belajar matematika Analisis data menggunakan uji statistik dengan bantuan SPSS 23 for Windows. Hasil uji analisis statistik menunjukkan bahwa sikap siswa memberikan kontribusi terhadap hasil belajar inatematika sebesar 9,8%, berarti bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap siswa dengan hasil belajar matematika Motivasi belajar siswa memberikan kontribusi terhadap hasil belajar matematika sebesar 9,6%, berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan basil belajar matematika. Sikap siswa dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 12,1% terhadap hasil belajar matematika, berarti bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap siswa dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44073.pdf
Uncontrolled Keywords: students' attitude, learning motivation, math learning outcomes, Sikap Siswa, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:18
Last Modified: 23 Mar 2021 02:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9263

Actions (login required)

View Item View Item