Wahyuni, Sri and Supriyono, and Tatminingsih, Sri (2019) Pendampingan Belajar Oleh Orang Tua Dan Hubungannya Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar ( Survei terhadap Siswa SD di Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44105.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
Keluarga merupakan lingkungan yang pertama dan utama bagi anak. Keluarga adalah lembaga pendidikan informal, mempunyai tanggung jawab yang utama dalam pendidikan anak, selain sekolah dan masyarakat. Anak lebih banyak menghabiskan waktu dalam keluarga Terkait dengan tanggung jawab orang tua pada pendidikan anak, maka diasumsikan di dalam keluarga, anak mendapatkan pendampingan pendampingan dalam belajar, tersedianya sarana dan prasarana belajar, kerjasama orang tua dengan sekolah serta peran orang tua yang terlibat dalam menilai hasil prestasi belajar anak dalam rangka saling mendukung memainkan peran dalam pendidikan. Sehingga ketiga tri pusat pendidikan dapat bersinergi mewujudkan tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas pendampingan belajar, sarana belajar yang disediakan di rumah, kerjasama orang tua dengan sekolah, peran orang tua dalam penilaian prestasi belajar serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar anak Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survey. Populasi penelitian seluruh siswa di 28 Sekolah Dasar Negeri yang terdapat di kecamatan Gemarang kabupaten Madiun pada tahun pelajaran 2017/2018. Sarnpel diambil dengan tehnik proposional stratified random sampling sebesar 30%. Sehingga jurnlah sampel yang di dapat sebanyak 8 SD diperoleh jurnlah siswa 169. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang dikembangkan secara khusus dalam penelitian ini dan telah diuji validitas dan reabilitasnya. Data dianalisis dengan korelasi dan dilanjutkan dengan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang signifikan keempat variabel dengan prestasi belajar, R= 0,692 dengan P signifikan, total SE sebesar 0,484%. Berturut-turut intensitas pendampingan belajar,sarana belajar yang disediakan di rumah, kerjasama orang tua dengan sekolah, serta peran orang tua dalam menilai prestasi belajar anak sebesar 0.22347 %, 0.11472 %, 0.083996%, dan 0.062307% dengan SR 46.076%, 23.654%, 17.319%, 12.847% Dengan demikian intensitas pendampingan orang tua dalam belajar penyediaan sarana belajar di rumah, kerjasama orangtua dengan sekolah serta peran orang tua dalam menilai prestasi belajar anak seharusnya mendapatkan perhatian yang lebih serius,dalam kegiatan parenting ataupun open house sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 20/44105.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Mentoring study, parents of students, learning achievements, Pendampingan belajar, orang tua siswa, prestasi belajar, Publication Details |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 08:15 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 08:15 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9273 |
Actions (login required)
View Item |