Model Pengembangan Pendekatan Saintifik Berbasis Kearifan Lokal Dalam Muatan IPS Pada Sekolah Dasar Dasar Di Provinsi Banten

Sudrajat, Ajat and Darojat, Ojat and Kusmawan, Udan and Mikdar, Syaeful (2020) Model Pengembangan Pendekatan Saintifik Berbasis Kearifan Lokal Dalam Muatan IPS Pada Sekolah Dasar Dasar Di Provinsi Banten. Project Report. Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
21_G0002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kearifan lokal yang ada di Provinsi banten, adalah sebagai warisan bagi generasi berikutnya dan sudah mulai luntur oleh karena itu warisan budaya kearifan lokal ini sebagai sumber pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah : 1) menjelaskan Model pendekatan saintifik berbasis kearifan lokal dalam muatan IPS di sekolah dasar Provinsi Banten; 2) Mengidentifikasi model pembelajaran berbasis kearifan lokal yang digunakan dalam muatan IPS di Sekolah Dasar Provinsi Banten. 3) Mengimplementasikan Model Pengembanan saitifik berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran IPS di SD Provinsi Banten. Penelitian ini menggunakan model pendektan research and development (Borg dan Gall, 1979:624) dan Kemmis (1983). Adapun langkah model ini adalah bentuk pengulangan (cycle) hasil temuan penelitian setelah itu dibuat produknya. Pada tahun pertama dalam penelitian ini menghasilkan sebuah prototype buku pengembangan saintifik berbasis kearifan lokal pada muatan IPS di SD Provinsi Banten. Hasil dari penilaian para ahli materi dan media instruksional menujukan bahwa buku yang dikembangkan termasuk kategori sangat baik. Buku yang dikembangkan sudah sesuai dengan kurikulum 2013 baik secara isi, proses maupun penilaian. Buku juga sudah terlihat dengan menggunakan pendekatan saintifik serta memasukan unsur-unsur kearifan lokal secara kontek maupun ilustrasi. Berdasarkan hasil penilaian baik para ahli maupun hasil ujicoba kepada siswa maka buku ini layak dijadikan sebagai sumber belajar bagi pesrta didik jenjang SD di provinsi Banten karena sudah memasukan unsur-unsur kearifan lokal. Unsur kearifan lokal yang ada dalam buku baik secara kontek mengandung adat istiadat, budaya, situs serta keadaan alam, akan memudahkan anak dalam memahami konsep IPS maupun terbentuknya karakter rasa cinta dan bangga dengan kearifan lokal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 21/G0002.pdf
Uncontrolled Keywords: Pendekatan saintifik, Kearifan lokal, Muatan IPS
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Apr 2021 06:35
Last Modified: 21 Apr 2021 06:35
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9293

Actions (login required)

View Item View Item