Peran Pengelolaan Pendidikan Matematika Guna Meningkatkan Kinerja Guru Profesional

Masduki, Lusi Rachmiazasi (2018) Peran Pengelolaan Pendidikan Matematika Guna Meningkatkan Kinerja Guru Profesional. In: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2018, 17 Februari 2018, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
34-Peran Pengelolaan-PROSIDING LSM XXVI 2018-110-118.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (699kB) | Preview

Abstract

Siapapun pasti merasa ngeri ketika mendengar berita ada siswa berbuat “kurang ajar” terhadap guru atau ada guru memperlakukan siswa tidak dengan kasih sayang. Sebagai pendidik wajib melakukan refleksi terhadap diri sendiri “sudah mampukah kita memperlakukan siswa dengan penuh bijak?” Jawabannya akan dapat ditemukan nanti pada saat para siswa telah lulus dan mengenang, merasakan manfaat ilmu yang telah diberikan oleh guru. Tujuan penelitian guna menunjukkan bahwa keberhasilan hari ini merupakan akibat dari proses pendidikan masa lalu. Baik dan buruknya hasil pendidikan adalah proses “sebab-akibat” yang terkait dengan mutu kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran khususnya pada pengelolaan pendidikan matematika. Melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh 11 guru di Sekolah Dasar Negeri Mangkang Wetan dan Kulon, mereka merasakan manfaat dari merefleksi hasil pembelajaran. Inovasi dan kreativitas dalam pengelolaan pendidikan matematika untuk meningkatkan kinerja sebagai kualitas diri menjadi profesional. Pendidikan matematika sebenarnya sangat berguna untuk menanamkan pola pikir, salah satunya pola pikir matematis berupa implikasi pada logika yang sangat dikenal dengan istilah “jika-maka”. Implikasi ini penting diterapkan dalam penelitian tindakan kelas untuk membiasakan menyadari kekurangan diri. Pada saat guru mampu menyadari terhadap kekurangannya selanjutnya berani memperbaiki diri guna meningkatkan kinerja profesional maka dapat membuahkan peningkatan mutu pendidikan secara menyeluruh di setiap satuan pendidikan. Agar kelak yang terjadi adalah akibat baik maka perbaiki dengan segera hari ini dan selalu berbuat baik setiap saat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: kinerja professional, pengelolaan, Pendidikan matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: David NP
Date Deposited: 11 May 2021 05:53
Last Modified: 19 May 2021 08:08
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9332

Actions (login required)

View Item View Item