Corebima, Apolonia (2013) Pengaruh Dukungan Alokasi Belanja Langsung, Motivasi Kerja Dan Sistem Kontrol Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Pada RSUD Larantuka. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41447.pdf Download (29MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dengan judul "Pengaruh Dukungan Alokasi Belanja Langsung, Motivasi Kerja, dan Sistem Kontrol Terhadap Mutu Pelayanan Pada RSUD Larantuka. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran tentang dukungan alokasi belanja langsung, motivasi kerja, sistem kontrol, dan mutu pelayanan kesehatan pada RSUD Larantuka ? (2) Apakah secara parsial dukungan alokasi belanja langsung, motivasi kerja, dan sistem kontrol berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan kesehatan pada RSUD Larantuka ? (3) Apakah secara simultan dukungan alokasi belanja langsung, motivasi kerja, dan sistem kontrol berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan kesehatan pada RSUD Larantuka ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang dukungan alokasi belanja langsung, motivasi kerja, sistem kontrol dan mutu pelayanan kesehatan pada RSUD Larantuka, serta menganalisis pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara partial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan RSUD Larantuka sebanyak 350 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 187 orang responden. Tehnik penarikan sampel digunakan stratified sampling, dimana pada tehnik ini semua karyawan dalam frame sampling dibagi ke dalam kelompok atau kategori. Selanjutnya penentuan sampel dari masing-masing kategori menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data : analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (analisis regresi linear berganda). Untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara simultan dilakukan uji F sedangkan secara parsial dilakukan uji t. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa masing-masing variabel bebas dikategorikan baik, demikian pula dengan variabel terikat mutu pelayanan dikategorikan baik. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa secara simultan ketiga variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pelayanan. Namun secara parsial hanya variabel sistem kontrol berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pelayanan. Disarankan kepada pimpinan RSUD Larantuka agar terus memperbaiki dan meningkatkan sistem kontrol melalui pembentukan Sistem Pengawasan Internal dalam rangka lebih meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41447.pdf |
Uncontrolled Keywords: | direct consumption allowance, work motivation, supervision system, care service quality,alokasi belanja langsung, motivasi kerja, sistem kontrol,mutu pelayanan |
Subjects: | 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.1068 Medical Service Management (Manajemen Layanan Kesehatan) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 01:42 |
Last Modified: | 19 Sep 2018 06:35 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/941 |
Actions (login required)
View Item |