Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Purnama, Lestari (2019) Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44274.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar pada siswa sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) serta peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran RME dan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. Penelitian ini mengutamakan metode quasi experiment nonequivalent control group design. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas VA sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kritis dan angket skala motivasi belajar. Pengumpulan data diperoleh dari skor pretes, postes dan N-Gain yang dianalisis dengan menggunakan Independent t-test dan Mann-Whitney U Test. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar pada siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan pendekatan RME, serta (2) peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran RME lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. Untuk itu disarankan pendekatan RME ini sebagai altematif pembelajaran bagi guru di kelas ketika melakukan proses pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44274.pdf
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education (RME}, Critical Thinking Skills,Learning Motivation, Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Oct 2021 04:35
Last Modified: 14 Dec 2023 02:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9523

Actions (login required)

View Item View Item