Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Think Pair Share (TPS) Pada Siswa SMP Swasta Masyarakat Damai Kota Gunungsitoli

Halawa, Meiwati (2019) Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Think Pair Share (TPS) Pada Siswa SMP Swasta Masyarakat Damai Kota Gunungsitoli. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44233.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Masalah di dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir yangdimiliki siswa di SMP Swasta Masyarakat Damai. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS), melihat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS), serta perbedaan kemampuan berpikir kreatif menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Masyarakat Damai yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 90 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 orang dari 2 kelas VIII. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari jawaban responden dalam mengisi angket dan tes. Metode analisis yang digunakan untuk melihat perbedaan variabel independen terhadap variabel dependen dengan menggunakan metode Analisis varians (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran STAD dengan model pembelajaran TPS, kemudian terlihat bahwa rata-rata peningkatan berpikir kreatif sangat berbeda yang dihasilkan kedua model pembelajaran tersebut serta tidak ada perbedaan (sama) dari kedua model pembelajaran tersebut terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreati. Model pembelajaran yang memiliki peran tertinggi dalam peningkatan berpikir kreatif adalah model pembelajaran TPS.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500626988 – 44233.pdf
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STAD, Model Pembelajaran TPS, Kemampuan Berfikir
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Oct 2021 04:53
Last Modified: 08 Nov 2021 03:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9524

Actions (login required)

View Item View Item