Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan IV Di Lingkungan Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau

Yuniva, Renny (2012) Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan IV Di Lingkungan Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40950.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Diklat kepemimpinan yang merupakan syarat dalam menduduki jabatan struktural yang merupakan tantangan dalam pelaksanaan Diklat tersebut dapat menghasilkan peningkatan kompetensi Pegawai Negeri Sipil. Dengan demikian evaluasi program pendidikan merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan secara cermat untuk mengetahui efektivitas masing-masing komponennya. Evaluasi terhadap program training mencakup empat level evaluasi, yaitu: reaction, learning, behavior, dan result. Evaluasi perilaku ini berbeda dengan evaluasi terhadap sikap. Ditambahkan evaluasi CIPP terdiri dari: (1) konteks evaluasi (Context evaluation), (2) Input evaluasi (Input Evaluation), (3) Proses evaluasi (process evaluation). (4) Produk evaluasi (product evaluation). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Responden penelitian ini adalah peserta DiklatPim Tk.IV angkatan IV tahun 2011 di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang berjumlah 40 orang Pegawai Negeri Sipil. Selanjutnya ditambahkan dengan key informan yang berjumlah 5 orang merupakan unsur penyelenggara program terdiri dari satu orang kepala Balai Diklat, 2 orang panitia dan 2 orang widyaiswara. Pengumpulan data dilakukan peneliti melalui kuesioner dan wawancara dimana responden diharuskan memilih jawaban yang disediakan. Teknik analisis data kusioner digunakan untuk melengkapi hasil wawancara sehingga penelitian tidak memberikan skor atas hasil kuesioner dari masing-masing pilihan jawaban yang diberikan responden. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa mayoritas responden menyatakan bahwa evalausi program pada ketiga penilaian konteks, masukan dan reaksi dinyatakan dalam ketegori cukup. Ketiga penilaian tersebut dinyatakan belum optimal. Sedangkan, pada penilaian evaluasi learning/ pembelajaran dan result/ hasil-hasil menunjukkan kategori kurang baik. Hal ini berkaitan dengan kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran yang dinilai melalui metode pembelajaran yang masih banyak berupa satu arah sistem pembelajaran yang seharusnya andragogi dan keterampilan peserta dalam penyerapan materi pembelajaran serta keterampilan yang masih belum optimal. Sementara penilaian hasil-hasil yang didapatkan masih kurang baik diterima oleh peserta. Penilaian pada result dilakukan pada dimensi penilaian manfaat, perubahan perilaku dan hasil-hasil pekerjaan yang masih kurang optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40950.pdf
Uncontrolled Keywords: effectiveness of training program, penilaian efektifitas program diktat
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 05 Aug 2016 02:17
Last Modified: 05 Aug 2016 02:17
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item View Item