Rosidah, Wiwin Nursari (2019) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) (Studi Eksperimen di SMP Negeri 1 Kuningan). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44238.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah adalah. agar siswa memiliki kemampuan matematika yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikan gagasan untuk memperjelas masalah. Oleh karena itu, sangat penting bagi siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kedua kemampuan matematis tersebut adalah dengan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa melalui strategi TTW. Subjek populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Kuningan sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kuningan yang terdiri dari siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan soal tes dan skala sikap siswa dengan metode analisis data berupa uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah rnatematis siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-talkwrile dan secara konvensional mengalami peningkatan dibandingkan kemampuan awal. Kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk write lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Siswa yang menjadi subjek pada penelitian ini secara umum mempunyai sikap positif pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 44238.pdf |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan komunikasi, pemecahan masalah, dan think-talk-write. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 09:18 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 04:51 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9597 |
Actions (login required)
View Item |