Pengaruh Metode Pembelajaran Audiovisual Dan Bercerita Terhadap Hasil Belajar Menyimak Dongeng Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri Padangsidimpuan Utara

Rangkuti, Siti Maryam (2018) Pengaruh Metode Pembelajaran Audiovisual Dan Bercerita Terhadap Hasil Belajar Menyimak Dongeng Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri Padangsidimpuan Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44224.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar menyimak dongeng ditinjau dari rninat belajar. Penelitian ini merupakan peoelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SDN Padangsidimpuan Utara. Teknik penentuan sampel menggunakan Sampling Purposive sehingga ditentukan sampel penelitian yaitu kelas V A di SDN 200101 Padangsidimpuan dan V B di SDN 200104 Padangsidimpuan. instrumen yang digunaakan yaitu tes Hasil Belajar Menyimak Dongeng dan angket minat belajar. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan anava dua jalur. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran audiovisual dapat mempengaruhi hasil belajar rnenyimak dongeng siswa kelas V di SDN Padangsidimpuan Utara secara signifikan; (2) Metode pembelajaran bercerita dapat mempengaruhi hasil belajar menyimak dongeng siswa kelas V di SDN Padangsidimpuan Utara secara signifikan; (3) Minat belajar dapat mempengaruhi hasil belajar menyimak dongeng siswa kelas V di SDN Padangsidimpuan Utara secant signifikan; ( 4) Metode pembelajaran audiovisual dan minat belajar siswa secara bersama-sama dapat mernpengaruhi hasil belajar menyimak dongeng siswa kelas V di SDN Padangsidimpuan Utara secara signifikan; (5) Metode pembelajaran audiovisual dan minat belajar siswa secara bersama-sama tidak dapat mempengaruhi hasil belajar menyimak dongeng siswa kelas V di SDN Padangsidimpuan Utara secara signifikan; dan (6) Metode pembelajaran audiovisual dan bercerita dan minat belajar mempunyai interaksi dalam mempengaruhi Hasil belajar menyimak dongeng siswa kelas V di SDN Padangsidimpuan Utara secara signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500627094 - 44224.pdf
Uncontrolled Keywords: Audiovisual Method, Story Telling Method, Learning Interest, Listening, Folktale,Achievement, Metode Audiovisual, Metode Bercerita, Minat Belajar, Menyimak, Dongeng, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:48
Last Modified: 12 Dec 2023 06:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9602

Actions (login required)

View Item View Item