Winarsih, (2013) Efektifitas Model Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Bernuansa Pendidikan Karakter Materi Persegi Panjang dan Persegi Siswa Kelas VII. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41426.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk membimbing peserta didik agar memiliki kemampuan, pemecahan masalah dalam menyelesaikan permasalahan matematika dengan semangat penuh percaya akan kemampuan yang dimiliki diri sediri. Peserta didik di beri kebebasan berpendapat, bekerja sama, berkreasi, mandiri,bertanggung jawab secara kelompok maupun individu dalam menyelesaiakan masalah sampai memiliki kemampuan pemecahan masalah soal non rutin dengan baik dan benar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan sejauhmana ketercapaian ketuntasan kemampuan pemecahan masalah,membuktikan adanya pengaruh positif antara kemandirian dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah, membuktikan hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Penelitian eksperimen ini dengan populasi seluruh peserta didik kelas 7 SMP2 Wonopringgo Pekalongan sebanyak 74 siswa tahun pelajaran 2012/2013. Dengan penentuan kelas eksperimen dan kelas kontroi secara acak. Teknik pengambilan data menggunakan tes untuk menentukan ketuntasan kemampuan pemecahan masalah serta menentukan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen. Pengambilan data yang kedua yaitu pengamatan, digunakan untuk mengamati kemandirian dan motivasi belajar siswa selama pembelajaran dan untuk membuktikan sejauhmana pengaruh kedua variabel tersebut terhadap pencapaian kemampuan masalah.Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar digunakan uji t,uji beda rata-rata menggunakan uji t dan uji pengaruh menggunakan uji regresi sederhana dan regresi ganda Kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen,diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: uji ketuntasan kemampuan pemecahan masalah secara klasikal diperoleh 84% telah mencapai KKM.Rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen 75 sedangkan kelas kontrol rata-rata kemampuan pemecahan masalahnya 69,12. Uji beda rata-rata diperoleh t hitung= 4,09 >t tabel(1,7l4) berarti kemampuan pernecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.Ada pengaruh kemandirian terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 68,0%,pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 77,3%.Pengaruh bersama-sama antara kemandirian dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan R square=78,7%, uji multikolinieritas diperoleh hasil VIF dan tolerance kurang dari 5,berarti tidak teIjadi multikolinieritas antara kedua variabel bebas tersebut. Dengan kata lain kedua variabel tersebut tidak saling bersinggungan. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran matematika berbasis masalah bernuansa pendidikan karakter dinyatakan efektif.Ditunjukkan dengan telah menghasilkan siswa mencapai ketuntasan/KKM dalam kemampuan pemecahah masalah,ada pengaruh positif antara kemandirian dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah,tercapai kemampuan pemecahan masalall kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol secara signifikan. Dari temuan penelitian ini menunjukkan seorang guru perlu senantiasa menumbuhkembangkan rasa percaya diri dan terus membangkitkan semangat belajar, supaya siswa dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41426.pdf |
Uncontrolled Keywords: | pbl, pendidikan karakter, persegi panjang dan persegi |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 03:05 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 03:05 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/967 |
Actions (login required)
View Item |