Pengaruh Penilaian Formatif Dengan Umpan Balik Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar

Lismawati, Lilis (2019) Pengaruh Penilaian Formatif Dengan Umpan Balik Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44250.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh asesmen formatif dengan umpan baJik dan tanpa umpan balik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas 2 sekolah dasar, untuk mengevaluasi perbedaan hasil belajar tematik siswa yang menggunakan asesmen formatif dengan umpan balik dan asesmen formatif tanpa umpan balik dalam pembelajaran tematik di kelas 2 sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang kelas 2 SDN Karyabakti dan 30 orang kelas 2 SDN 2 purabaya dengan menggunakan teknik tes dan observasi. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen. Analisis data menggunakan Stata. Hasilnya menunjukkan bahwa tes formatif dengan umpan balik mempengaruhi hasil belajar siswa dan dapat dinyatakan bahwa secara deskriptif pemberian tes formatif dengan umpan batik lebih efektif daripada pemberian tes formatif tanpa umpan balik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500581251 - 44250.pdf
Uncontrolled Keywords: Penilaian Formatif, Umpan Balik, Hasil Be/ajar Tematik, Formative Assessment, Feedback, Thematic Learning Outcomes
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:33
Last Modified: 24 Feb 2022 03:33
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9679

Actions (login required)

View Item View Item