Membaca Cerita Anak Pada Siswa Kelas V SDN 019 Balik Papan Barat

SALMAH, and Juhana, and Dewi, Ratna Sari (2019) Membaca Cerita Anak Pada Siswa Kelas V SDN 019 Balik Papan Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44142.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategy Directed- Reading Thinking Activity (DRTA) dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca Cerita Anak pada Siswa Kelas V SDN 019 Balikpapan Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 019 tahun pelajaran 2018/2019. Hasil pemahaman membaca siswa menggunakan pembelajaran kooperatif strategi DRTA lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi Ekspositori dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 79,86 dan basil belajar strategi Ekspositori memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,97. Siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif strategi DRTA memiliki motivasi tinggi sebesar 84,40 dan motivasi rendah sebesar 75,31, siswa yang menggunakan strategi Ekspositori memiliki motivasi .rendah sebesar 76,37 dan memiliki motivasi tinggi sebesar 75,58, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Ekspositori baik bagi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, karena guru yang terus aktif membelajarkan siswa. Hasil pengujian ANAVA diperoleh nilai fh = 5,63 dan nilai kritik ft = 3,98 dengan dk (1,68) pada taraf a = 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa fh = 5,63 ft = 3,98 sehingga terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi pemahaman membaca siswa cerita anak. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru dapat menggunakan Strategy Directed Reading-Thinking Activity untuk diterapkan dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia agar lebih optimal meningkatkan pemahaman membaca cerita anak pada siswa, guru dapat menggunakan Strategy DirectedReading Thinking Activity sehingga materi pelajaran lebih mudah dipahami siswa, guru menggunakan Strategy Directed-Reading Thinking Activity dalam pembelajaran Bahasa mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44142.pdf
Uncontrolled Keywords: Strategy Directed Reading Thinking Activity, Motivation, Intensive Reading, Motivasi, Pemahaman Membaca
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.4 Reading (Membaca, Belajar Membaca)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:10
Last Modified: 27 Jul 2022 02:34
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9802

Actions (login required)

View Item View Item