Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Solving (Media dan Ceramah) dan Self Concept Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

SULASTRI, and UNSPECIFIED and UNSPECIFIED (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Solving (Media dan Ceramah) dan Self Concept Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44125.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh interaksi strategi pembelajaran problem solving berbantuan media dan self-concept terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDS Islam Miftahul Jannah, Cikupa, Tangerang, pada siswa kelas V dengan populasi terjangkau sebanyak 90 siswa. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 60 siswa yang terdiri dari kelas V-A (kelas eksperimen 1) sebanyak 30 siswa dari kelas V-B (kelas eksperimen 2) sebanyak 30 siswa. Subjek penelitian diambil berdasarkan kelas yang telah terbentuk dan diyakini bahwa kelas itu ekivalen.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik uji hipotesis penelitian yang digunakan adalah ANA VA dua jalur dengan faktorial 2 x 2.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran problem solving berbantuan media dengan strategi pembelajaran problem solving dengan ceramah terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil ini dapat dilihat dari uji anova dua jalur, dimana nilai Fhitung > Ftabel 8,867 > 5,45 artinya bahwa HO ditolak Ha. diterima. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki self-concept positif dan self-concept negatif yang diajarkan dengan strategi pembelajaran problem solving berbantu media dan problem solving ceramah artinya HO ditolak dan Ha. Diterima Hal ini sesuai dengan nilai tabel 5,762 > 5,45. (3) Tidak terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran problem solving berbantu media dan selfconcept terhadap hasilbelajar siswa Berdasarkan hasil penelitian ini, diupayakan agar guru dalam pembelajaran matematika menerapkan metode pembelajaran problem solving berbantuan media dan berupaya meningkatkan self-concept siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44125.pdf
Uncontrolled Keywords: problem solving with media-assisted, self-concept, mathematical learning, problem solving berbantuan media, self-concept, hasil belajar Matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:29
Last Modified: 14 Dec 2023 01:28
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9808

Actions (login required)

View Item View Item