Faktor-Faktor Penentu Repeat Purchase; Studi Kepuasan Konsumen Pada Restoran-Restoran Masakan Jepang Di Jakarta

Tjahjono, Ricky (2012) Faktor-Faktor Penentu Repeat Purchase; Studi Kepuasan Konsumen Pada Restoran-Restoran Masakan Jepang Di Jakarta. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40714.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksploratoris untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan repeat purchase pada restoran-restoran masakan Jepang di Jakarta. Hal ini mengacu pada kenyataan bahwa bisnis restoran tumbuh dengan pesat dalam kurun waktu delapan tahun terakhir dan menimbulkan kompetisi yang ketat. Agar dapat bertahan, sangatlah penting untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan repeat purchase dengan melakukan consumer research, yang dilakukan pada sembilan restoran masakan Jepang yang diklasifikasikan ke dalam tiga segmen utama, yaitu High End, Middle Class, dan Low Spending. Berdasarkan konsep Servqual yang pertama kali dipublikasikan oleh Parasuraman pada tahun 1988, penelitian ini mendasarkan survei pelanggan pada lima dimensi kualitas jasa yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty. Dari kelima dimensi tersebut, diturunkan delapan variabel (Penyajian, Lokasi, Tata Ruang, Harga, Kecepatan penyajian, Kesigapan, Rasa, dan Empati). Poin-poin tersebut kemudian dituangkan ke dalam sebuah kuesioner, yang terdiri dari 64 pertanyaan. Setelah dilakukan sorting dan juga uji validitas dan reliabilitas, hanya 50 pertanyaan yang tertinggal. Survei kemudian dilakukan kepada 90 responden (30 responden untuk setiap segmen). Regresi linier dipakai sebagai metode analisis data. Mula-mula regresi linier dilakukan untuk seluruh pertanyaan tanpa memisahkan segmen. Tetapi terdapat gap antara hasil yang didapat dengan logika umum, yaitu hanya ada dua variabel yang muncul sebagai faktor-faktor penentu untuk keseluruhan segmen, yaitu Harga dan Rasa. Oleh karena itu dilakukan analisis untuk masing-masing segmen. Hasil analisis menunjukkan bahwa segmen yang berbeda mempunyai hasil yang berbeda. Repeat purchase pada segmen High End ditentukan oleh Tata Ruang dan Empati, sedangkan untuk Middle Class dan Lower Spending, ditentukan oleh Harga dan Rasa makanan. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang menentukan repeat purchase pada restoran-restoran Jepang di Jakarta pada segmen yang berbeda-beda. Mapping score setuju/tidak setuju terhadap tingkat signifikansi juga dilakukan dan dapat dipergunakan untuk menentukan faktor mana yang perlu diperhatikan oleh pihak manajemen restoran dalam melakukan perbaikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40714.pdf
Uncontrolled Keywords: kompetisi, repeat purchase, dimensi kualitas jasa, segmentasi, survei pelanggan, competition, repeat purchase, service quality dimension, segmentation, consumer survey
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:56
Last Modified: 05 Aug 2016 03:56
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/981

Actions (login required)

View Item View Item