Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Saintifik 5m Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Mengurutkan Pecahan

ROFIKA, and Dafik, and Dyah Prastiti, Try (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Saintifik 5m Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Mengurutkan Pecahan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44353.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir kritis siswa merupakan suatu hal yang penting, namun kenyataannya belum sesuai dengan yang diharapkan. Dalam penelitian ini peneliti mencoba untuk mengembanglam perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan berbasis saintifik 5M untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian campuran, yaitu kombinasi antara metode kuantitatif dan metode kualitatif . Metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis jenis data interval hasil belajar siswa, sedangkan metode kualitatif akan digunakan untuk menganalisis jenis data ordinal keterampilan berpikir kritis siswa. Responden dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol yang terdiri dari 24 siswa dan kelas eksperimen yang terdiri dari 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan perangkat pembelajaran berbasis saintifik dipereleh bahwa-nilai keterampilan berpikir kritis siswa untuk kelas kontrol adalah interpretasi 65%, analisis 63%, evaluasi 62% dan inferensi 60%. Sedangkan pada kelas eksperimen adalalah interpretasi 74%, analisis 72%, evaluasi 72% dan inferensi 11%. Nilai-independent sample t-test dari post-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara 'Kelas kontrol dengan kelas eksperimen dengan nilai sig (2-tailed) adalah 0,00 (~0,05), dapat disimpulkan bahwa penerapan perangkat pembelajaran berbasis saintiflk 5M dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasat dalam menyelesaikan masalah mengurutkan pecahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44353.pdf
Uncontrolled Keywords: scientific 5M ofleaming material, .critical thinking skills, fractions, Perangkat pembelajaran berbasis saintifik 5M, keterampilan berpikir kritis, Pecahan
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:14
Last Modified: 25 Jul 2022 03:07
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9821

Actions (login required)

View Item View Item