Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru di Smp Se-Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias

MENDROFA, HERZEKIAN (2018) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru di Smp Se-Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43924.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan pengaruh; (1) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi professional guru di SMP se-Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias, (2) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru di SMP se-Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 orang dari 3 SMPN se-kecamatan Hiliduho. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari jawaban responden dalam mengisi angket dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan untuk melihat pengaruh variable independent terhadap variabel dependen dengan menggunakan metode deskriftif dan Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian yang dilakukan menemukan bahwa; 1) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah sebesar 55,4% terhadap kompetensi professional guru. Tipe kepemimpinan kepala sekolah yang otoriter menghasil guru bahasa Indonesia yang termasuk pada kategori kompetensi professional cukup baik. Demikian juga pada guru bahasa lnggris, guru matematika dan guru Ilmu Pengetahuan Alam, dimana tipe kepemimpinan kepala sekolah yang otoriter menghasilkan kompetensi professional guru yang digolongkan pada kategori cukup baik, 2) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah sebesar 10,6% terhadap kompetensi pedagogik guru Bahasa Indonesia, guru bahasa Inggris, guru matematika dan guru llmu Pengetahuan Alam. Tipe Kepemimpinan demokrasi menghasilkan kompetensi pedagogik guru bahasa Indonesia yang digolongkan pada kategori baik. Demikian juga pada guru bahasa lnggris, guru matematika dan guru Ilmu Pengetahuan Alam, dimana kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis menghasikan kompetensi pedagogik guru yang digolongkan pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43924.pdf
Uncontrolled Keywords: Principal leadership, pedagogical competence, professional competence of Teachers, Kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Aug 2022 06:10
Last Modified: 18 Jan 2024 04:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9942

Actions (login required)

View Item View Item