RISLIANA, (2018) Evaluasi Pengelolaan Sekolah Dasar Negeri 001 Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43917.pdf Download (24MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan yang dilaksanakan di SD Negeri 001 Kecamatan Kuaro. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengoreksi (1) dukungan kelembagaan dari konteks Sekolah Berbasis Manajemen, (2) kualitas input dari Sekolah Berbasis Manajemen Pemasukan, (3) proses implementasi dari Sekolah Berbasis Manajemen, dan (4) kualitas produk dari Sekolah Berbasis Manajemen di SO Negeri 001 Kuaro. Desain penelitian penyelidikan ini merupakan sebuah penelitian instrument yang dirumuskan terdiri atas model CIPP (context, input, process, and product). Sebagai tujuan ini, penyelidikan menggunakan daftar pertanyaan dan wawancara sebagai alat untuk mengumpulkan data. Data dokumentasi sekolah juga dimanfaatkan untuk mengumpulkan data. Untuk mengkaji kebenaran (validitas) dari data, penyelidikan ini menggunakan triangulasi data. Komponen konteks menunjukkan bahwa Komite Sekolah sebagai penasehat, pendukung, mengontrol, dan sebagai pendukung sekolah dengan orang tua yang dinilai baik. Pencarian dalarn pemasukan komponen menunjukkan bahwa SD Negeri 001 Kuaro memiliki visi dan misi yang sangat baik. Sekolah memiliki berkualifikasi 17 guru, 14 guru memiliki kualifikasi S-1 dan 1 guru merupakan kualifikasi D-2, dan 2 guru berkualifikasi SPG. Pembelajaran berlangsung baik sehingga tidak ada siswa yang berumur 12 tahun dan 13 tahun yang tidak melanjutkan sekolah. Hasil evaluasi menyatakan bahwa produk komponen merupakan keunggulan dalarn hal prestasi siswa, narnun perlu mendapatkan perhatian untuk meningkatkan kualitasnya. Pada komponen (input) dan komponen konteks belum sesuai standar dan minimal yang perlu ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43917.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Evaluation, Management, CIPP, Evaluasi, Pengelolaan, CIPP |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 04:35 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 02:19 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9958 |
Actions (login required)
View Item |