Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Perizinan Pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Bima

Ahmad, (2014) Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Perizinan Pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Bima. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41689.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat serta menentukan strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan perizinan yang diterapkan oleh Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Bima. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik penyebaran kuesioner, studi kepustakaan dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT yang mempertimbangkan faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian memfokuskan pada kualitas pelayanan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Bima sebagai faktor internal. Sedangkan faktor eksternal diperoleh dengan mempertemukan tiga pilar pemerintahan yang terdiri dari pemerintah, dunia usaha swasta dan masyarakat. Secara umum, sampel diambil dari dua kelompok, yakni : (I) Karyawan pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Bima, dan (2) pada masyarakat pengguna pelayanan yang pada saat disurvei sedang berkunjung ke Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Bima untuk membuat atau memperpanjang izin. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perizinan pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Bima masih kurang memuaskan. Kualitas pelayanan yang diberikan termasuk dalam kategori tingkat sedang. Disamping itu, hasil analisis juga menunjukan bahwa Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Bima sebaiknya menerapkan strategi agresif guna meningkatkan kualitas pelayanannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 15/41689
Uncontrolled Keywords: community satisfaction, improvement strategy,licencing service and quality, karyawan,pengguna,strategi, agresif,kepuasaan masyarakat, pelayanan perizinan, strategi peningkatan kualitas
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 17 Mar 2016 09:40
Last Modified: 01 Feb 2018 07:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10

Actions (login required)

View Item View Item