Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tutorial Online: Expariment Design dengan Motivasi dan Room Chat Whatsapp

Pramudibyanto, Hascaryo and Wardhana, Andi and Nurcahyono, Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tutorial Online: Expariment Design dengan Motivasi dan Room Chat Whatsapp. Project Report. UNSPECIFIED. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
peningkatan kualitas pembelajaran chat whatsapp-has.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Aktivitas tutorial online diharapkan dapat membantu memudahkan mahasiswa dalam memahami materi mata kuliah. Dalam kegiatan ini, mahasiswa mendapatkan materi inisiasi pada tiap minggu pertemuan online dan terdapat forum diskusi yang melibatkan mahasiswa dan tutor. Pola komunikasi diskusi yang terjadi bersifat dua arah, dan semua peserta diskusi dapat mengetahui isi pesan diskusi, baik yang diberikan oleh tutor maupun mahasiswa yang lain. Akan tetapi, tidak semua mahasiswa dalam kelas tutorial online tersebut mengetahui adanya respons diskusi – baik yang disampaikan oleh tutor maupun mahasiswa – akibat tidak diaktifkannya aplikasi tutorial online pada media yang mereka gunakan. Akibatnya, tidak semua mahasiswa dapat membaca, memahami, dan memberikan umpan balik sesegera mungkin. Diberikannya umpan balik tersebut, dapat memberikan nilai partisipasi bagi mahasiswa karena keaktifannya, serta memudahkan mahasiswa lain dalam memahami sebuah konsep yang ditulis pada forum diskusi mereka. Untuk memudahkan pemberian umpan balik tersebut, peneliti berupaya mengembangkan satu bentuk pesan pengingat (reminder) kepada mahasiswa yang memperoleh tanggapan dalam forum diskusi tutorial online mata kuliah yang diikutinya, meskipun mereka dalam keadaan offline pada aktivitas tutorial online. Dengan diwujudkannya hasil penelitan ini, diharapkan mahasiswa akan semakin aktif pada forum diskusi sehingga akan memberikan dampak positif bagi nilai partisipasi mereka. Berdasarkan pengujian kuesioner penelitian yang dimulai dengan pre test kemudian treatment dan post test, serta kemudian analisis data terhadap responden penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi response rate dan peningkatan kualitas pembelajaran dimana mahasiswa sadar akan urgensi pembelajaran dan timbul rasa care dengan yang lainnya. Motivasi yang diberikan diawal perkuliahan mampu meningkatkan effort belajar mahasiswa dan rasa tanggung jawab serta kondisi kelas lebih hudup dengan diskusi-diskusi. Selanjutnya WAG yang dibuat sebagai saran berdiskusi sebagai salah satu sarana untuk saling mengingatkan pada saat akan dimulai perkuliahan dan pada saat pengumpulan tugas

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 23/G0109.pdf
Uncontrolled Keywords: distance education
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 07 Apr 2023 07:53
Last Modified: 29 Sep 2023 03:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10311

Actions (login required)

View Item View Item