Analisis Strategi Tutorial Pembelajaran Mandiri Bagi Mahasiswa Peserta TTM

Wardana, Andi and Nurcahyono, and Widyartati, Penta and Pramudibyanto, Hascaryo Analisis Strategi Tutorial Pembelajaran Mandiri Bagi Mahasiswa Peserta TTM. Project Report. UNSPECIFIED. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
analisis strategi tutorial-has.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tutorial Tatap Muka dirancang untuk membantu mahasiswa dalam memahami mata kuliah. Tutorial Tatap Muka (TTM) adalah adalah proses bantuan dan bimbingan belajar yang ditandai dengan penyampaian materi tutorial secara langsung tatap muka (dalam kelas) antara tutor dengan mahasiswa sebanyak 8 (delapan) kali pertemuan dan pemberian tugas terstruktur sebanyak 3 (tiga) kali selama periode tutorial yang dikerjakan di dalam kelas. TTM ini merupakan salah satu bantuan belajar yang dapat dipilih oleh mahasiswa sehingga tidak bersifat wajib bagi mahasiswa. Tutorial dilakukan dengan prinsip belajar mandiri dimana mahasiswa dianggap sudah mempelajari sendiri di rumah. Konsep belajar mandiri menganggap bahwa mahasiswa masuk kelas sudah memahami materi dan siap untuk berdiskusi di kelas. Konsep belajar mandiri berarti bahwa peran mahasiswa di dalam kelas adalah dominan, dan tutor sebagai motivator bagi mahasiswa. Ironisnya, untuk mata kuliah tertentu, pada saat diskusi berlangsung tidak semua mahasiswa dapat memahami materi yang dibaca di rumah. Banyak mahasiswa yang menyatakan bahwa mereka tidak memahami apa yang disampaikan oleh modul. Karena mahasiswa tidak memahami isi modul menjadikan diskusi tidak efektif. Bahkan terjadi mahasiswa meminta tutor untuk melakukan pengajaran dengan metode ceramah seperti yang dilakukan oleh dosen terhadap mahasiswanya pada kelas reguler. Dari fenomena yang terjadi tersebut maka perlu kiranya penyesuaian untuk metode pembelajaran mata kuliah yang dirasa oleh mahasiswa sulit untuk diserap apabila menggunakan metode tutorial pembelajaran mandiri seperti yang dilakukan pada saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran untuk mata kuliah sulit dan mata kuliah mudah. Mata kuliah yang dianggap sulit oleh mahasiswa adalah mata kuliah yang yang sifatnya hitungan dan mata kuliah yang dianggap mudah adalah mata kuliah yang bersifat teori. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama ini memberikan efek jenuh dan bahkan pembelajaran tidak efektif, sehingga penelitian ini berdasarkan rekomendasi dari mahasiswa dan analisis atas hasil penelitian mengusulkan untuk melakukan variasi-variasi dalam kegiatan pembelajaran dan membekali tutor dengan micro teaching untuk melihat kesiapan tutor dalam melakukan pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 23/G0108.pdf
Uncontrolled Keywords: TTM, belajar mandiri, tutor
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 07 Apr 2023 08:00
Last Modified: 29 Sep 2023 01:14
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10312

Actions (login required)

View Item View Item