Pembentukan Struktur Fungsi Organisasi Unit Kearsipan di Lingkungan Perguruan Tinggi : Studi pada Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Aliyya, Nurullisan Shidqin and Utami, Herwati Dwi Pembentukan Struktur Fungsi Organisasi Unit Kearsipan di Lingkungan Perguruan Tinggi : Studi pada Institut Seni Budaya Indonesia Bandung. (Unpublished)

[img] Text
KARYA ILMIAH -REPOSITORY UT.pdf

Download (1MB)

Abstract

Arsip perguruan tinggi merupakan lembaga kearsipan yang berada pada lingkungan perguruan tinggi, sebagaimana amanat pada Undang- Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan mempunyai kewajiban untuk memastikan terselengarakannya pengelolaan kearsipan di perguruan tinggi. Dalam penelitian ini penulis melakukan analisis permasalahan dalam pengelolaan arsip di ISBI Bandung, memahami kendala yang dihadapi, dan menemukan solusi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Mewujudkan pengelolaan arsip yang baik dan sesuai kaidah kearsipan pada ISBI Bandung dilakukan untuk memastikan keberlanjutan informasi, memenuhi kebutuhan tertib administrasi,pengambilan keputusan, pertanggungjawaban, dan memori kolektif institusi. Pengelolaan arsip ISBI Bandung yang sesuai dengan peraturan kearsipan merupakan langkah awal untuk mewujudkan penyelematan fisik maupun informasi arsip serta terselamatkannya memori kolektif di lingkungan civitas akademika. Pada implementasinya, pengelolaan arsip di ISBI Bandung menghadapi berbagai kendala yang perlu diatasi, baik dari segi kebijakan, dukungan pimpinan terhadap kelmbagan unit kearspan, sistem penyelenggaraan kearsipan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan sistem pengelolaan arsip perguruan tinggi. Diharapkan bahwa hasil penelitian yang telah dilakukan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang permasalahan pengelolaan arsip di ISBI Bandung serta memberikan rekomendasi yang dapat membantu penyelenggaraan kearsipan di ISBI Bandung agar dapat berjalan secara optimal sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Dengan demikian, arsip yang dihasilkan dari berbagai kegiatan di ISBI Bandung, baik itu administrasi, pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, maupun aktivitas civitas akademika, dapat terjaga, digunakan sebagai bentuk akuntabilitas kinerja institusi, dan menjadi bagian penting dari pertanggungjawaban nasional untuk kepentingan bangsa dan negara.

Item Type: Article
Additional Information (ID): ...pdf
Uncontrolled Keywords: arsip,pengelolaan, perguruan tinggi, unit kearsipan
Subjects: 000 Generalities > 020-029 Library and Information Science (Perpustakaan dan Ilmu Informasi) > 025 Operations, Archieves, Information Centers (Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi,Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.29 Organizations and Structure of Departments (Organisasi Departemen, Struktur Departemen)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:53
Last Modified: 20 Jun 2024 03:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10673

Actions (login required)

View Item View Item